Tidaklah Perlu Merantau ke Luar Negeri

Sabtu, 13 April 2019 23:59 Clara Aditia Daerah

Tidaklah Perlu Merantau ke Luar Negeri

 

Koropak.co.id - Sebagai aktivis perempuan, Calon Anggota Legislatif untuk DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dapil 3 yang meliputi Kecamatan Jamanis, Ciawi, Kadipaten, Pagerageung, dan Sukaresik, Siti Noor Assyami Laili tergerak untuk mengedukasi personal proteksi bagi kaum perempuan seiring masih maraknya kasus penganiayaan perempuan, khususnya Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Hal itu disampaikan Caleg dari PDI-Perjuangan nomor urut 5 yang akrab disapa Ceu Yemi saat dijumpai Koropak, Sabtu (13/4/2019). 

"Kaum perempuan perlu upaya pengembangan diri. Perempuan perlu diberdayakan, diberi edukasi terutama terkait personal proteksi terhadap mereka. Saya pun tergerak untuk memberikan penyegaran pemikiran mengenai karir perempuan setelah sempat berbincang dengan beberapa kaum perempuan di dapil saya," katanya.

Banyak kaum perempuan, kata Yemi, yang berfikir ketika bekerja di luar negeri dapat memberikan keuntungan besar. Padahal, jika dikonversi, di tanah kelahiran sendiri juga bisa menghasilkan ekonomi yang hampir sama besarnya, tapi tingkat proteksinya lebih terjaga.

"Sejalan dengan visi saya, 'ti lembur, di lembur, keur lembur', saya ingin menggugah kaum perempuan untuk mempunyai keinginan untuk stay di lembur, membangun diri, membangun lembur, membangun keluarga di lembur, tanpa harus merantau ke luar negeri," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Tidaklah Perlu Merantau ke Luar Negeri (2)

 

Baca : Berdayakan Masyarakat, Berdayakan Ekonomi Mikro

 

Untuk meraihnya, ujar Yemi, hal yang diperlukan kaum perempuan adalah upgrading diri dalam berbagai hal. Jangan pernah merasa perempuan mempunyai batasan.

"Memang, secara kodrat kaum perempuan mempunyai batasan, namun selama tidak melanggar tatanan dan norma, perempuan juga memiliki hak untuk mengembangkan diri, menjadi perempuan yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, lingkungan, agama, nusa dan bangsa," tuturnya.

Terkait memasuki masa Pemilu 2019 yang akan berlangsung Rabu (17/4/2019) Yemi mengajak masyarakat di dapil 3 untuk bersama menjaga esensi, nilai-nilai Pemilu yang menjadi hajat demokrasi bangsa.

 

Koropak.co.id - Tidaklah Perlu Merantau ke Luar Negeri (3)

 

Baca : Tasikmalaya Utara Harus Punya Creative Centre

 

Diharapkan Yemi, masyarakat dapat cerdas menilai dan memilih figur yang sportif, memiliki kepribadian tangguh, berpotensi, mampu dipercayai, dan mampu menjaga komitmennya untuk mewakili suara rakyat.

"Kami harapkan masyarakat cerdas, memilih figur yang tidak hanya sekedar berbicara, tapi bisa mendengar, menyerap, dan memperjuangkan rakyat yang diwakilinya. Saya harapkan juga masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput karena satu suara menentukan masa depan bangsa. Hanya 5 menit di TPS untuk menentukan 5 tahun masa depan bangsa," kata Yemi.*

 

Baca pula : Sejuta Hikmah Di Balik Bencana

 


Berita Terkait