Menteri Perhubungan Harapkan Nelayan Tersertifikasi

Senin, 15 April 2019 18:45 Eris Kuswara Nasional

Menteri Perhubungan Harapkan Nelayan Tersertifikasi

 

Koropak.co.id - Dalam rangka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pemberdayaan Masyarakat (DPM), Menteri Perhubungan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, Minggu (14/4/2019).

Kegiatan yang digelar di Auditorium Kampus BP2IP Tangerang tersebut, turut diisi dengan dialog interaktif bersama Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi dan diikuti ribuan peserta DPM. Menteri Perhubungan RI, Ir Budi Karya Sumadi mengatakan, pada tahun 2018 Indonesia lebih menggiatkan lagi infrastruktur dan di tahun 2019 ini Presiden RI juga memberikan satu instruksi dengan harus mengorientasikan pada Sumber Daya Manusia (SDM).

 

Koropak.co.id - Menteri Perhubungan Harapkan Nelayan Tersertifikasi (3)

 

Selain itu, Kementerian Perhubungan RI juga saat ini sudah memiliki lebih dari 10 sekolah dengan mendidik para taruna dan taruni di dalamnya. Bahkan Kementerian Perhubungan juga terus memaksimalkan aset negara dan amanah negara yang diberikan.

"Kami membuat pemberdayaan SDM dan hasilnya, Alhamdulillah dalam 1 tahun ini kami telah mendidik lebih dari 160 ribu orang dan akan terus bertambah. Kami juga akan mengembangkan peserta didik, baik dari Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) maupun ditjen yang lain dengan berbagai macam diklat mulai dari darat, udara dan laut. Sekarang banyak sekali pekerjaan di laut namun hingga saat ini banyak nelayan yang bekerja dilaut tanpa sertifikasi," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Menteri Perhubungan Harapkan Nelayan Tersertifikasi (2)

 

Baca : Menhub Budi Karya Buka DPM di BP2IP Tangerang

 

Budi menuturkan dengan adanya kegiatan DPM, para nelayan akan mampu menjalankan kegiatan sehari-harinya dengan mengutamakan keselamatan. DPM juga memberikan gambaran bagaimana yang tadinya orang tersebut menganggur, namun mereka bisa ikut kelas dan bisa bekerja.

"Karena Kementerian Perhubungan juga ingin masyarakat dan tenaga muda indonesia produktif sehingga mereka bisa memberikan kontribusinya yang lebih untuk negara," ucapnya.*

 

Baca : Menteri Perhubungan Tinjau Mobil Karya Anak Bangsa