Menteri Perhubungan Tinjau Mobil Karya Anak Bangsa

Senin, 15 April 2019 18:57 Eris Kuswara Nasional

Menteri Perhubungan Tinjau Mobil Karya Anak Bangsa


Koropak.co.id - Dalam kunjungan kerjanya ke Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, Minggu (14/4/2019) Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Ir Budi Karya Sumadi meninjau mobil hasil karya anak bangsa yang diberi nama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes), yang diproduksi secara komersial oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia.

Menteri Budi mengatakan, hal yang menarik dari mobil AMMdes ini yakni bentuknya yang mungil sehingga memudahkannya untuk bergerak secara leluasa. Ditambah lagi dengan harga jual yang terjangkau, hanya sebesar Rp 70 juta, sehingga meringankan masyarakat.

Selain itu, mobil ini juga memiliki fungsi lain yakni bisa digunakan sebagai pemecah es yang tentunya sangat berguna sekali untuk kebutuhan para nelayan.

"Hal yang menarik dari AMMdes ini adalah, kelebihannya, yakni 1 unit mobil AMMdes berfungsi sebagai pemecah es, dan bisa melayani 5 pelabuhan. Jadi, Bahkan AMMdes ini juga bisa menghasilkan air minum, sehingga bagus sekali apabila digunakan dalam keadaan darurat seperti pada saat bencana," kata Budi.

 

 

Koropak.co.id - Menteri Perhubungan Tinjau Mobil Karya Anak Bangsa (1)

 

Baca : Menteri Perhubungan Harapkan Nelayan Tersertifikasi


Ditambahkan Budi, AMMdes ini juga sangat bermanfaat bagi para pemilik warung untuk berjualan secara mobile. 

"Jadi kami berpikir ini memang merupakan kreasi yang baik sekali dan kami mengapresiasi badan usaha yang memproduksi mobil tersebut karena mereka sudah berhasil dalam membangun satu angkutan yang tidak terlalu besar dan tidak mahal," ucapnya.

Dengan adanya AMMdes ini, Kementerian Perhubungan RI sangat mengapresiasi. Bahkan untuk AMMdes ini sudah memberikan sertifikasi karena ini merupakan satu angkutan yang bisa diizinkan oleh negara untuk melakukan berbagai kegiatan komersial.*

 

Baca : Menhub Budi Karya Buka DPM di BP2IP Tangerang