Tekan Inflasi Jelang Ramadan, BI Siap Gelar Pasar Murah

Senin, 15 April 2019 20:30 Eris Kuswara Daerah

Tekan Inflasi Jelang Ramadan, BI Siap Gelar Pasar Murah


Koropak.co.id - Rapat koordinasi TPID Kota Tasikmalaya dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Tasikmalaya, Senin (15/4/2019). Rapat yang membahas tentang kesiapan Pasar Murah Ramadan (PMR) tahun 2019 itu turut dihadiri Perwakilan BI, Dinas Ketahanan Pangan, Polres Tasikmalaya Kota, Bagian Ekonomi Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya dan tamu undangan lainnya.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kota Tasikmalaya, Dedi mengatakan, hal yang harus diefektifkan dalam pelaksanaan PMR adalah sosialisasi dan publikasi kepada masyarakat. Oleh karena itu harus ditentukan lokasi pelaksanaan PMR yang strategis didukung dengan jumlah penduduk yang banyak.

"Dalam pelaksanaannya, harus ada sosialiasi dan publikasi ditambah lokasinya juga harus strategis. Untuk menghemat anggaran kegiatan PMR, maka kegiatannya bisa dilaksanakan di halaman kantor kecamatan," kata Dedi.

 

Koropak.co.id - Tekan Inflasi Jelang Ramadan, BI Siap Gelar Pasar Murah (2)

 

Lihat : Bank Indonesia Tuntas Gelar PMR 2018

Baca : Warga Berbondong-Bondong ke PMR BI


Sementara itu, Kepala Bidang Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya Enung Nurteti menuturkan kegiatan ini harus memprioritaskan kecamatan yang tahun lalu tidak mendapat jatah PMR khususnya Kecamatan Tamansari yang menempati urutan tertinggi tingkat kemiskinan di Kota Tasikmalaya.

"Kami menyarankan agar mengganti komoditi daging sapi dengan daging ayam dan telur ayam karena mengingat juga untuk saat ini harga daging sapi cenderung stabil. Sebelum Ramadan, kami juga akan melakukan Gelar Pangan Murah yang bertempat di pusat keramaian dengan mengedepankan Toko Tani Indonesia," tutur Enung.

Manager Unit Pengembangan Ekonomi KPw BI Kota Tasikmalaya, Yusi Yuliana menyimpulkan PMR bertujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak dengan kenaikan harga bahan pokok yang biasanya terjadi kenaikan saat momentum Ramadan. PMR akan dilaksanakan pada 9 hingga 25 Mei 2019 mendatang di 5 titik wilayah di Kota Tasikmalaya.

"Nantinya akan ada perubahan waktu pelaksanaan PMR seperti tahun lalu digelar sore hari, maka untuk tahun ini diubah menjadi siang hari. Selain itu, harga komoditi di PMR juga akan lebih murah dari harga pasar sehingga hal tersebut dapat menekan lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat menjelang idul fitri," ucap Yusi.*

 

Lihat : Pembangunan di Tamansari Perlu Dioptimalkan

Lihat : DPRD Kota Tasikmalaya Sambut Baik Musrenbang Kecamatan