Pendataan Tak Merata, Partisipasi Pemilih Terhambat

Rabu, 17 April 2019 17:49 Eris Kuswara Daerah

Pendataan Tak Merata, Partisipasi Pemilih Terhambat


Koropak.co.id - Warga Kampung Padamulya dan Sukamulya Kota Tasikmalaya tuntas berpartisipasi dalam Pemilu 2019 dengan menyampaikan suaranya di TPS 04 yang berlokasi di SDN Sukamulya Kota Tasikmalaya, Rabu (17/4/2019). Tercatat sebanyak 227 pemilih dari 278 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah 17 pemilih dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) menyumbangkan hak suaranya.

Dijumpai Koropak di sela-sela kegiatan pemungutan suara, Ketua Panitia Pemungutan Suara TPS 04, Angga Maulana mengatakan partisipasi pemilih di TPS 04 terbilang tinggi, hingga mencapai 70 persen.

"Kami berharap ke depannya bisa semakin meningkat lagi. Animo masyarakat di sini sebenarnya sangat tinggi, terbukti dari tingginya jumlah DPK dan masih banyaknya masyarakat yang belum terdata tapi mereka sangat antusias untuk menyumbangkan hak suaranya," kata Angga.

 

Koropak.co.id - Pendataan Tak Merata, Partisipasi Pemilih Terhambat (3)

 

Baca : Antusias Nyoblos Pemilih Pemula Tidak Golput

 

Ditambahkan Angga, hal yang menjadi masalahnya saat ini adalah bagaimana cara pendataan yang benar agar semua masyarakat bisa terdata. Rata-rata di setiap daerah, pendataan masyarakat belum benar merata, sehingga masih banyak masyarakat yang tidak bisa menyumbangkan hak suaranya

"Dari segi pendataannya kemungkinan bisa disebabkan oleh 2 hal yakni warga tersebut telat melapor ke pemerintah setempat, atau mungkin saja dari pihak pemerintahannya belum cross check secara langsung di lapangan," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Pendataan Tak Merata, Partisipasi Pemilih Terhambat (2)

 

Baca : Walikota Harap Partisipasi Pemilu 85 Persen

 

Sementara itu, salah seorang Pemilih Pemula, Widiana Anindita mengungkapkan perasaannya saat ikut menyumbangkan hak suaranya untuk yang pertama kalinya. Widi mengaku merasa gugup dan takut salah dalam memilih. Namun diakuinya, tetap merasa senang bisa ikut menyumbangkan hak suara untuk mendukung Indonesia menjadi lebih baik lagi.

"Hal yang disayangkan dalam setiap pemilu, adalah masih banyaknya timses, partai pengusung maupun calon legislatif yang menggunakan uang agar mereka bisa terpilih. Saya berharap ke depannya, siapapun presiden yang terpilih, semoga bisa membawa Indonesia lebih maju lagi," tutur Widi.*

 

Baca : Walikota Yakini Kader Teruji, Siap Menang dan Kalah

 


Berita Terkait