Ijazah Kubro Pagar Nusa

Senin, 29 Januari 2018 09:52 D. Farhan Kamil Daerah

Ijazah Kubro Pagar Nusa

Komitmen Perkuat Bela Ulama

 

Koropak.co.id- Ketua Pengurus Cabang Pagar Nusa Kabupaten Tasikmalaya, An'am Nazili atau yang dikenal dengan panggilan Azil menegaskan, Pagar Nusa adalah badan otonom NU sebagai jangkar NU dan bangsa. Pagar Nusa akan tetap berdiri dan siap menjaga NKRI, menjaga para ulama dan membelanya sampai titik darah penghabisan.

"Ini komitmen kami. Bagi siapapun yg merongrong NKRI dan kiyai kami, maka akan berhadapan dan merasakan kedahsyatan kekuatan Pagar Nusa," kata Azil seusai mengikuti acara ijazah kubro Pagar Nusa di Lapangan Puser Bumi Ciperna, Cirebon, Minggu (28/1/2018).

Selain kegiatan ijazah kubro dengan peserta pengurus Pagar Nusa se-Indonesia, terang Azil, juga dilakukan pengukuhan pengurus pusat Pagar Nusa yang dihadiri langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menpora RI Imam Nahrawi, Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj, dan Ketua MUI Sekaligus Rais Aam NU KH Ma'ruf Amin.

 

 

Ijazah Kubro Pagar Nusa

 

Menurut Azil, sesuai moto berkhidmah untuk kyai, bersilat untuk NKRI, melalui ijazah kubro Pagar Nusa diharapkan lebih maju dan lebih kuat dalam menjaga keutuhan bangsa serta tanah air. Pagar Nusa juga diharapkan kian mendunia, seiring dengan meningkatnya permintaan dari negara-negara luar untuk mengadakan pelatihan silat Pagar Nusa di negaranya.

Hal senada dikatakan salah seorang pengurus PC Pagar Nusa Kabupaten Tasikmalaya, H Cecep Nuryakin. Menurutnya, silat Pagar Nusa selain telah menjadi seni olahraga bela diri kebanggaan, kehadirannya juga menjadi penguat bangsa dalam mempertahankan NKRI

"Hari ini telah dilaksanakan ijazah kubro oleh para kiyai dan ini menjadi energi dahsyat untuk Pagar Nusa, dan warga Nahdliyyin untuk menjaga keutuhan bangsa, serta persatuan dan kesatuan. Tentunya, Pagar Nusa akan selalu siap berkhidmah kepada para ulama dan membelanya," ujar Cecep yang juga merupakan anggota Fraksi Demokrat DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

Ditambahkan Cecep, kegiatan Ijazah Kubro diharapkan dapat dilaksanakan di seluruh tingkatan kepengurusan Pagar Nusa kabupaten maupun kota.*




Berita Terkait