Pemkab Tasikmalaya Bangun Aplikasi Laporan Rakyat

Kamis, 25 April 2019 17:55 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Bangun Aplikasi Laporan Rakyat

 

Koropak.co.id - Kepala Bidang Diseminasi Informasi dan Statistik Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya Abdul Naseh, S.IP., M.Si mengatakan untuk membangun sistem pelayanan publik yang transparan, partisipatif, dan akuntabel, dibutuhkan adanya pengelolaan pengaduan atas pelayanan yang telah, sedang dan akan diberikan ke publik melalui sebuah sistem aplikasi yang terkoneksi ke pusat pemerintahan.

Dijumpai Koropak di sela acara sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) LAPOR (Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat) SP4N (Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang diadakan di Aula Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (23/4/2019), Abdul Naseh atau akrab disapa Anes ini menuturkan laporan dari masyarakat tidak hanya berkaitan dengan urusan pemerintah daerah tetapi juga dengan pemerintah pusat.

 

Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Bangun Aplikasi Laporan Rakyat (2)

 

"Apabila ada masyarakat yang lapor melalui aplikasi ini, maka akan terlihat oleh pemerintah pusat sehingga harus ditindaklanjuti melalui aplikasi yang sama. Apabila tidak ditindaklanjuti melalui aplikasi, maka pusat akan menganggap laporan tersebut belum terselesaikan," kata Anes.

Kegiatan sosialisasi yang dibuka oleh Kepala Diskominfo Kabupaten Tasikmalaya, Nia Kurniati, S.H. M.Si ini, turut dihadiri Kepala Seksi Pusat Layanan Informasi, Mara Kharisma, S.Kom, serta sejumlah pejabat penghubung/ perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kingkungan Pemkab Tasikmalaya.

 

Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Bangun Aplikasi Laporan Rakyat (3)

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Bentuk Satgas Wajar

 

Sementara itu Kepala Seksi Pusat Layanan Informasi, Mara Kharisma, S.Kom mengatakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Bupati Tasikmalaya, admin koordinator dalam aplikasi LAPOR berasal dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tasikmalaya dengan pejabat penghubungnya adalah sekretaris dari masing-masing SKPD dan kecamatan

"Dari tahun 2017-2019 terdapat 25 laporan yang masuk ke Kabupaten Tasikmalaya. Batas laporan untuk ditindaklanjuti oleh SKPD adalah selama 5 hari. Apabila telah ditindaklanjuti oleh SKPD dan pelapor tidak memberikan tanggapan kembali selama kurun waktu 10 hari, maka secara otomatis aplikasi akan menganggap laporan tersebut telah selesai" tuturnya.*

 

Baca : Bupati Tinjau Lokasi Rumah Ambruk

 


Berita Terkait