Usai Digeledah KPK, Balekota Tasikmalaya Diguncang Gempa

Kamis, 25 April 2019 18:09 Dede Hadiyana Daerah

Usai Digeledah KPK, Balekota Tasikmalaya Diguncang Gempa

 

Koropak.co.id - Hebohnya penggeledahan di lingkungan Balekota Tasikmalaya oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rabu (24/4/2019) kemarin, kali ini kantor pusat pemerintahan Kota Tasikmalaya tersebut kembali dihebohkan dengan terjadinya bencana gempa bumi yang memakan beberapa korban luka-luka, yang terjadi pada Kamis (25/4/2019).

Gempa bumi yang menghancurkan sebagian gedung Balekota Tasikmalaya tersebut direspons secara cepat oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) guna memberikan penanganan dan mengevakuasi korban yang tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa.

Di saat bersamaan, diketahui ada beberapa orang korban luka berat yang harus segera dievakuasi guna mendapatkan pertolongan medis. Dari laporan tersebut, tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya yang didampingi oleh tim escorting ambulance dari organisasi sosial IEA Tasikmalaya segera merapat ke TKP.

 

Koropak.co.id - Usai Digeledah KPK, Balekota Diguncang Gempa  (1)

 

Baca : BPBD Kota Tasikmalaya Tangguh, Berani dan Disiplin

Evakuasi korban yang berlangsung dramatis hingga harus menggunakan teknik Vertical Rescue karena akses jalur menuju lantai 2 Balekota Tasikmalaya runtuh akibat gempa tersebut. BPBD bersama PMI Kota Tasikmalaya mengevakuasi para korban luka ringan ke tenda darurat dan korban luka berat langsung dilarikan ke RSUD dr Soekardjo untuk mendapatkan pertolongan selanjutnya.

Kesigapan BPBD, PMI, Damkar, IEA Tasikmalaya dan tim gabungan lainnya, tertuang dalam gladi resik Simulasi Penanganan Bencana dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019 yang akan digelar di Lapangan Upacara Balekota Tasikmalaya Jumat (26/4/2019) besok.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mewujudkan pemahaman faktor-faktor resiko dan upaya pengurangan resiko bencana di lingkungan masyarakat serta meningkatkan kesadaran, kewaspadaan, dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi ancaman bencana melalui pelatihan dan latihan kesiapsiagaan secara bertahap, bertingkat, dan berkelanjutan agar terwujudnya kemampuan antisipasi, proteksi, dan penyelamatan diri dari anacaman bencana.*

 

Baca : BPBD Reaksi Cepat Tangani Pohon Tumbang