Pemkot Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana

Jum'at, 26 April 2019 16:52 Dede Hadiyana Daerah

Pemkot Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana


Koropak.co.id - Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019 tingkat Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan apel kesiapsiagaan bencana yang berlangsung di Halaman Balekota Tasikmalaya, Jumat (26/4/2019).

Apel yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf tersebut, dihadiri oleh unsur Forkompimda, relawan gabungan yang meliputi BPBD Kota Tasikmalaya, Damkar Kota Tasikmalaya, Basarnas, PMI, serta seluruh peserta HKB 2019 tingkat Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan peringatan HKB 2019 tingkat Kota Tasikmalaya.

"Peringatan HKB ini bertujuan untuk membangun kesadaran dan kewaspadaan masyarakat terhadap bencana dengan cara membangun partisipasi semua pihak dalam latihan kesiapsiagaan. Diharapkan, masyarakat Kota Tasikmalaya juga dapat berpartisipasi mulai dari lingkup terkecil yakni di lingkungan keluarga," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Pemkot Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana (3)

Sejak awal, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berinisiatif mengusulkan setiap tanggal 26 April dijadikan sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB). Secara kebetulan, apel kesiapsiagaan bencana kali ini bertepatan dengan peringatan 12 tahun momen bersejarah masyarakat Indonesia tentang tanggal lahirnya Undang-undang nomor 24 tahun 2007.

"Undang-undang tersebut sebagai upaya untuk merubah perilaku masyarakat menuju budaya aman bencana dengan melakukan edukasi publik melalui gerakan kesiapsiagaan dan meningkatkan seluruh komponen baik pemerintah, organisasi, masyarakat, komunitas, dan khususnya keluarga dan individu itu sendiri," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemkot Tasikmalaya Gelar Apel Kesiapsiagaan Bencana (5)

 

Baca : Usai Digeledah KPK, Balekota Diguncang Gempa

 

Wakil Walikota berharap, kegiatan ini tidak hanya menjadi seremonial saja, akan tetapi menjadi tonggak sejarah, bahwa sudah saatnya Pemerintah Kota Tasikmalaya mempunyai sistem informasi kebencanaan yang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi kebencanaan.

"Informasi tersebut seperti papan petunjuk informasi, papan informasi evakuasi, dan papan informasi titik kumpul yang sudah harus mulai dilengkapi disetiap gedung, kantor instansi pemerintah serta sarana dan prasarana umum. Selain itu, masyarakat juga harus mulai diberikan edukasi kebencanaan dalam rangka meningkatkan respon dan kesiapsiagaan masyarakat," ucapnya.* [dks]

 

Baca : BPBD Kota Tasikmalaya Tangguh Berani