Bupati Yakin 3 ASN Tersangka Korupsi Akan Kooperatif

Sabtu, 27 April 2019 18:31 D. Farhan Kamil Daerah

Bupati Yakin 3 ASN Tersangka Korupsi Akan Kooperatif


Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mengaku telah memanggil dan memerintahkan Plh Sekda, H. Iin Aminudin, untuk memberikan dukungan moral terhadap tiga orang Aparatur Sipil Negara (ASN) aktif di lingkungan Pemkab Tasikmalaya, serta mendorong agar ketiga ASN tersebut fokus mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan selama menjalani proses hukum di Kejati Jabar.

Hal itu diutarakan Ade, menyusul ditetapkanya tiga orang ASN yakni BA, RR dan MM sebagai tersangka oleh pihak Kejaksaan Tinggi Jabar pada Rabu (24/4/2019) lalu, atas dugaan kasus korupsi pembangunan Jembatan Jalan Cisinga, kabupaten Tasikmalaya.

"Saya sudah memanggil Plh Sekda dan saya inginkan temen-temen (BA, RR dan MM) yang akan mempertanggungjawabkan permasalahan yang itupun belum tentu salah atau tidak, bisa berkoordinasi, komunikasi dan kerjasama dengan baik," kata Ade, Sabtu (27/4/2019).

Ia juga berharap, ketiga ASN itu mampu menghormati hukum serta memberikan kontribusi berupa keterangan atau pernyataan yang benar sesuai yang dibutuhkan aparat penegak hukum sehingga hukum benar-benar dapat ditegakkan dengan baik.

"Saya belum dapat komunikasi secara langsung dengan mereka. Saya ingin memberikan kesempatan kepada mereka untuk fokus. Masalah ini harus dihadapi dengan baik, alias tidak asal-asalan. Hormati dan penuhi panggilan dengan serius," ujarnya.

Ditambahkan, dirinya belum akan mengambil keputusan menonaktifkan ketiga ASN tersebut. "Ini kan baru ditetapkan sebagai tersangka," ucapnya.

Untuk ke depan kata Ade, pengawasan internal harus lebih dipertajam, mulai dari perencanaan sampai dengan evaluasi. "Meskipun tanpa ada kejadian seperti ini, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya saat ini, memiliki good will yang sama untuk memperbaiki kinerja. Jangan sampai ada niat baik tetapi bertindak salah, ini yang harus dicamkan bersama," kata Ade.

 

Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya Yakini 3 Orang ASN Bakal Hormati Hukum (2)

 

Baca : Bantuan Hukum, Hak ASN

 

Sementata Kepala Inspektorat Kabupaten Tasikmalaya, Iwan Saputra menegaskan, sebagai sesama insan Korpri, pihaknya akan mendampingi ketiga ASN, selama proses hukum berjalan. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan pihak keluarga masing-masing dari tiga orang ASN tadi.

Untuk selanjutnya kata Iwan, sebagai upaya pencegahan munculnya permasalahan hukum, pihaknya menerapkan manajemen berbasis risiko. Artinya setiap kepala perangkat daerah harus mengetahui setiap maping (pemetaan) dari kegiatan atau program yang akan dilaksanakan, dari aspek risiko.

"Kalau berisiko, maka wajib koordinasi dengan aparat pengawas internal di pemerintah ini. Jangan sekali-kali mereka-reka sesuatu sehingga berbenturan dengan koridor. Ini sebagai early warning sistem agar tidak terjadi hal hal yang berakibat terhadap permasalahan hukum," kata Iwan, sembari menyebutkan, patuhi aturan niscaya selamat.*

 

Baca : Mantan Asisten Pembangunan Blak-blakan

 


Berita Terkait