Golok Day, Perteguh Cinta Pusaka Budaya

Sabtu, 27 April 2019 18:44 Clara Aditia Nasional

Golok Day, Perteguh Cinta Pusaka Budaya


Koropak.co.id - Dalam rangka melestarikan golok dan silat sebagai pusaka budaya nusantara, keluarga besar Pendekar Cilegon yang tergabung dalam Himpunan Paguron Persilatan Kota Cilegon dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Cilegon akan menggelar kegiatan Golok Day yang dilangsungkan di Pelataran Kantor Walikota Cilegon, Jalan Utama Kota Cilegon mulai 3-4 Mei 2019 mendatang.

Tidak kurang 30 kabupaten/kota se-Indonesia, ditambah 9 negara Asia dan Eropa akan meramaikan ajang kali ke-5 digelar ini.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (27/4/2019), salah seorang panitia, Aden menuturkan dalam Golok Day kali ini, akan dimeriahkan dengan berbagai konten seru, mulai dari Silaturahmi Pendekar Silat, Kirab Pendekar Nusantara, Golok Day Award, Festival Pencak Silat, Seminar Budaya Internasional, World Golok Competition, Pentas Pencak Silat dari Nasional maupun Internasional, tanding Pencak Silat Tradisional Rebut Selempang (Sarung), atraksi pembuatan golok, serta konser amal Mengetuk Pintu Langit bersama Opik "Tombo Ati".

 

Koropak.co.id - Golok Day, Perteguh Cinta Pusaka Budaya (2)

 

"Kita bakal menampilan Festival Pencak Silat Banten yang diikuti 15 peserta dari berbagai paguron silat yang ada di Provinsi Banten, Festival Nasional Golok Day yang turut diikuti peserta dari Singapura dan Malaysia, serta Seminar Budaya Internasional yang akan menghadirkan narasumber merupakan pakar dari Singapura dan Malaysia," katanya.

Di samping itu, akan digelar pula World Golok Competition yang diikuti 38 peserta dari 5 negara. Demi meramaikan acara, para gelaran Kirab Pendekar Nusantara akan diikuti 2.000 peserta yang akan longmarch dari Masjid Agung Kota Cilegon menuju lokasi acara di jalan protokol yang menjadi landmark Kota Cilegon.

"Di malam puncak akan digelar penampilan spesial debus dari Banten dengan tema 'Banten Young Millienial Debus'. Kita juga akan menghadirkan Federasi Pencak Silat Tradisional Internasional untuk Pertandingan Rebut Selempang, yang akan diikuti pesilat dari Malaysia, Singapurna, dan Nusantara," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Golok Day, Perteguh Cinta Pusaka Budaya (3)

 

Baca : Silat dan Golok Warisan Leluhur Yang Mulai Punah

 

Panitia, kata Aden, juga akan memberikan penganugerahan dalam seremonial Golok Day Award bagi tokoh yang berjasa dalam dunia persilatan, serta pandai besi pengrajin golok yang telah berkiprah menjadi pandai besi di atas 20 tahun.

"Sebagai kegiatan pendukung, kita adakan Kampung Pendekar yang didalamnya ada bazaar dari lintas padepokan lintas aliran, serta pameran golok. Bahkan di Kampung Pendekar, kita hadirkan 'Sehat Ala Pendekar'. Para terapis dan pakar pengobatan kita hadirkan, termasuk ahli tulang dari Cimande, yang akan ditutup dengan kegiatan keceran massal ala Pendekar Cilegon," ujarnya.

Keceran, lanjut Aden, merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap Jumat malam di Padepokan Abah Jamhari Brusakti yang sudah rutin digelar sejak 39 tahun lalu.

"Golok Day menjadi upaya kami dalam mendorong pelestrarian Budaya Nusantara. Golok Day ini juga menjadi ajang silaturahmi para Pendekar Nusantara. Tema 'Pendekar Nusantara Bersatu' kita usung melambangkan semangat kita untuk menggelorakan persatuan setelah terpecah belah di masa pilpres kemarin," katanya.*

 

Lihat : Seni Golok, Kearifan Lokal Melegenda