Empat Orang Warga Cina Terciduk di Tasikmalaya

Minggu, 28 April 2019 17:46 D. Farhan Kamil Daerah

Empat Orang Warga Cina Terciduk di Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Empat orang warga negara Tiongkok berhasil digiring ke Kantor Imigrasi Tasikmalaya. Mereka kedapatan petugas Polsek Karangnunggal sedang bertamu di salah satu rumah warga di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya.

Berawal dari laporan warga yang menaruh curiga dengan kehadiran keempat warga asing tersebut, kemudian melaporkannya ke aparat Kepolisian Sektor Karangnunggal.

Atas laporan tersebut, jajaran petugas bergerak cepat mendatangi rumah warga yang diduga akan dijadikan tempat untuk melaksanakan pernikahan dengan empat gadis berusia rata-rata di bawah 20 tahun warga Karangnunggal.

Saat petugas dari Polsek Karangnunggal, tak satupun dari keempat warga asing tersebut, dapat menunjukkan identitas diri baik KTP atau paspor selain selembar kartu berbentuk ATM bertuliskan Tiongkok.

 

Koropak.co.id - Empat Orang Warga Cina Terciduk di Tasikmalaya (2)

 

Mereka mengaku tidak membawa identitas karena ketinggalan. Mereka juga tidak mampu berkomunikasi dengan jelas, baik dengan Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

"Atas laporan warga, kami langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan didapatkan ada empat orang warga asing yang tidak mampu berkomunikasi dengan baik serta tidak dapat menunjukkan identitas. Di satu sisi, kita memiliki keterbatasan dan sulit untuk menerjemahkan bahasa mereka secara utuh," papar Kapolsek Karangnunggal, Kompol K. Jefri, seusai menghadiri acara silaturahmi kebangsaan pasca Pileg Pilpres 2019, di Gedung Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (28/4/2019).

Atas kejadian tersebut kata Jefri, pihaknya berkoordinasi dengan Imigrasi wilayah Priangan Timur Kota Tasikmamaya serta menyerahkan sepenuhnya kepada pihak Imigrasi.

 

Koropak.co.id - Empat Orang Warga Cina Terciduk di Tasikmalaya (3)

 

Informasi sementara tambah Jefri, keempat warga asing itu telah berkenalan dengan keempat gadis warga Karangnunggal sejak dua bulan lalu, melalui seseorang selaku penghubung (narahubung). Mereka membawa misi menikahi gadis-gadis tersebut dengan tujuan mendapat hadiah dari negaranya.

"Untuk dapat menikahi keempat gadis tersebut, mereka mengaku telah masuk Islam sebulan lalu di Kecamatan Bantarkalong. Kita dari Polsek tidak mengusut kepada hal-hal lain termasuk rencana untuk menikah, tetapi yang kita fokuskan saat itu adalah soal identitas. Maka kita langsung koordinasi dengan pihak imigrasi," ujarnya.

Sementara informasi dari keempat gadis warga Karangnunggal, mereka mengaku akan dibawa ke negara Tiongkok dan saat ini keempat pemuda warga asing tersebut sedang mengurus persyaratan, dokumen administrasi.

Ditambahkan, saat ini keempat warga asing masih diamankan di Kantor Imigrasi Kota Tasikmalaya dan menunggu instruksi dari kantor Imigrasi pusat.*

 

Baca : Warga Cina Masuk, Plh Sekda Ajak Warga Proaktif

 

 


Berita Terkait