Pengumuman KPU Tunggu Hasil Pleno

Senin, 29 April 2019 17:16 Dedi Sofwan Daerah

Pengumuman KPU Tunggu Hasil Pleno


Koropak.co.id - Beredarnya hasil perolehan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di media sosial, khususnya perolehan suara di Kabupaten Garut yang terdiri dari 5 Daerah Pemilihan (Dapil), akhirnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut angkat bicara.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (29/4/2019), Ketua KPU Kabupaten Garut, Junaedin Basri mengatakan, KPU Kabupaten Garut tidak akan mengumumkan hasil perolehan suara Pemilu 2019 sebelum adanya penetapan pada rapat pleno terbuka rekapitulasi suara tingkat kabupaten. Baik perolehan suara pemilihan Presiden, DPD RI, DPR RI, DPR Provinsi maupun DPR Kabupaten/Kota.

Khusus untuk Kabupaten Garut terang Basri, tahapan rekapitulasi hasil perolehan suara tingkat PPK berdasarkan jadwal yang sudah ditetapkan, mulai dilaksanakan antara tanggal 27 April 2019 sampai dengan 7 Mei 2019.   "Rencananya KPU Kabupaten Garut baru akan melaksanakan rapat pleno besok tanggal 30 April 2019," ujarnya.

 

https://news.koropak.co.id/7905/kpu-kabupaten-tasikmalaya-gelar-rapat-pleno-terbuka

 

Baca : Pemilu Telan Banyak Korban, KPU Garut Terjunkan Tim Medis

 

Adapun hasil perolehan suara yang sudah terlanjur beredar di media sosial, menurut Jaenudin, bahwa itu hasil orang kreatif berdasarkan data C1 yang dihimpun dari para saksi atau mungkin juga dari rekan-rekan pengawas di setiap Tempat Pemilihan Suara (TPS).

"Pada prinsipnya hal tersebut ada sisi baiknya sebagai informasi publik. Tetapi itu bukan dari KPU Kabupaten Garut," katanya.

Basri menambahkan, hasil perolehan suara yang berkekuatan hukum hanyalah data yang dikeluarkan oleh KPU berdasarkan pengesahan dalam rapat pleno.

"Untuk itu dimohon kepada masyarakat, lebih baik menunggu hasil perhitungan suara yang diumumkan atau dikeluarkan oleh KPU yang nyata-nyata berkuatan hukum dan bisa dipertanggungjawabkan," tutur Basri.*

 

Baca : KPU Kabupaten Tasikmalaya Gelar Rapat Pleno Terbuka

 


Berita Terkait