Dinikahi Warga Cina, Potensi Alam Tasela Terancam?

Senin, 29 April 2019 19:32 D. Farhan Kamil Daerah

Dinikahi Warga Cina, Potensi Alam Tasela Terancam?

 

Koropak.co.id - Pasca penangkapan 4 orang warga negara asing (WNA) asal Cina di Kecamatan Karangnunggal Kabupaten Tasikmalaya, dan saat ini masih dalam proses pendetensian pihak Imigrasi Kelas II Tasikmalaya Jalan Letnan Harun, Sukarindik, Bungursari Kota Tasikmalaya, terungkap ada tiga orang rekannya (WNA asal Cina) di wilayah Jakarta yang diduga memiliki misi serupa, yakni menikahi warga Indonesia untuk mendapatkan hadiah dari negara asalnya (Cina).

Keempat WNA tersebut diketahui masing-masing bernama, Yuan Zhenshun (22) pemegang paspor nomor EF447455 berlaku hingga 17/2/2029. Kemudian Zeng Xiangshun (32) pemegang paspor nomor EF3116337 berlaku sampai dengan 10/4/2029.

Selanjutnya Li Yadong (27) pemegang paspor nomor EF3132162 berlaku hingga 13/2/2029 dan Sun Mingchao (27) pemegang paspor nomor EF3122567 berlaku sampai dengan 12/2/2029.

 

Koropak.co.id - Dinikahi Warga Cina, Potensi Alam Tasela Terancam (2)

 


Baca : Empat Orang Warga Cina Terciduk di Tasikmalaya

Hal itu diungkapkan anggota tim elang 062 Korem Tarumanegara, Serka Wawan Rusmawan Efendy, sebagai petugas yang pertama kali mendapat informasi dan melakukan investigasi bersama Babinsa Karangnunggal serta menangkap keempat WNA tersebut dan ditindaklanjuti oleh petugas Polsek serta unsur Muspika Karangnunggal.

"Hasil investigasi terhadap WNA tersebut, terungkap ada tiga orang rekannya di Jakarta. Mereka mengaku ketiga rekannya itu juga mengemban misi yang sama, yakni menikahi WNI untuk dibawa dan mendapatkan hadiah dari negara asalnya. Ini semacam game," ungkap Wawan, saat pemantauan rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Kabupaten Tasikmalaya, di Gedung Dakwah Islamiah Singaparna, Senin (29/4/2019).

Kedatangan Empat WNA itu lanjut Wawan, dibawa oleh seseorang penghubung yakni WNI berkebangsaan Cina bernama Injo Tek Lie yang pernah melakukan aktivitas penambangan di wilayah Selatan Tasikmalaya.

"Mereka itu dibawa ke Karangnunggal oleh seorang WNI kebangsaan Cina yang dulu pernah melakukan penambangan Bentonit khususnya di Karangnunggal," katanya.

 

Koropak.co.id - Dinikahi Warga Cina, Potensi Alam Tasela Terancam (3)

 

Baca : Walikota Tasikmalaya Resmikan Timpora

Saat ditanya soal paspor terang Wawan, keempat WNA itu tidak dapat memperlihatkan dengan alasan dibawa oleh si penghubung ke Jakarta untuk pengurusan dokumen pernikahan.

"Selain paspor, dokemen asli berupa KTP-el milik empat perempuan warga Karangnunggal juga dibawa si penghubung untuk mengurus paspor, karena setelah menikah, rencananya akan langsung dibawa ke Cina," tutur Wawan.

Lebih jauh Wawan menyebutkan, keberadaan empat WNA itu, dikhawatirkan akan membawa dampak buruk yakni adanya human trafficking (penjualan manusia/ perbudakan).

"Kekhawatiran lainnya adalah, mereka berdalih telah menikah dengan penduduk asli Karangnunggal, kemudian membuka pertambangan baru di kawasan selatan Tasikmalaya yang dikenal kaya sumber daya alamnya sehingga membuka lagi celah terjadinya illegal mining. Ini yang harus kita antispasi," ucapnya.*


Baca : Warga Cina Masuk, Plh Sekda Ajak Warga Proaktif

 


Berita Terkait