Indonesia Negara Maritim Terbesar di Dunia

Sabtu, 04 Mei 2019 21:38 Eris Kuswara Nasional

Indonesia Negara Maritim Terbesar di Dunia


Koropak.co.id - Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti, Ir.,M.Sc menyambut baik 354 perwira kelautan yang diwisuda Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang, di Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Sabtu (4/5/2019).

"Hari ini, BP2IP Tangerang melantik 354 perwira kelautan andal dan kompeten. Hal ini menjadi salah satu bentuk perwujudan atas apa yang telah diarahkan Presiden Jokowi untuk tahun 2019, yakni tahun pengembangan SDM yang berbasis kompetensi, vokasi, dan profesionalism," katanya.

Perwira Pelayaran Niaga, kata Umi, merupakan manusia unggul di bidang maritim yang akan berkiprah di dunia kerja dan maritim, yang tentunya selain membawa nama baik pribadi dan almamater, juga membawa nama baik bangsa.

"Saat ini kita menghadapi tantangan dan peluang, khususnya persaingan tenaga kerja Indonesia unggul dan produktif. Indonesia akan segera memasuki masa bonus demografi, di mana komposisi usia produktif lebih tinggi dibanding usia non produktif," tutur Umi.

 

Koropak.co.id - Indonesia Negara Maritim Terbesar di Dunia (2)

 

Guna menyambutnya, Pemerintah terus fokus pada progam peningkatan SDM sehingga manusia Indonesia bisa mendapatkan kesempatan meningkatkan skil, profesionalitas dan atitude berdasarkan karakter, yang menjadi power untuk mampu bersaing, baik di kancah nasional maupun global.

"Indonesia telah diprediksi akan menjadi negara ke-4 terbesar di dunia pada 2050 mendatang. Sebelumnya, pada 2045 Indonesia genap 100 tahun merdeka, dan menjadi tahun emas Indonesia. Para perwira lulusan BP2IP Tangerang ini, kami harapkan dapat turut mewarnai jajaran pimpinan negeri ini kelak, yang akan menentukan masa emas Indonesia ke depan," katanya.

Umi menambahkan, Indonesia juga memasuki era revolusi industri 4.0. Semua perkembangan teknologi, digitalisasi, dan robotisasi mempengaruhi lapangan pekerjaan. Hal itu bukanlah menjadi hal yang menakutkan jika SDM-nya disiapkan dengan baik sejak dini.

 

Koropak.co.id - Indonesia Negara Maritim Terbesar di Dunia (1)

 

Baca : Marchind Band Gempita Swara Bahari Tampil Memukau

Lihat : Wujud Rasa Syukur BP2IP Tangerang Menuju Politeknik Palayaran Banten

 

"Indonesia merupakan negara maritim terbesar. Pengembangan kapasitas SDM maritim melalui BP2IP Tangerang menjadi langkah tepat dalam menyiapkan SDM andal dan berdaya saing. Pesan kami, seorang pelaut tidak cukup hanya dengan kompetensi, tapi harus dibekali pula wawasan pendukung lain, mulai dari kompetensi teknologi dan karakter yang kuat. Serta menjaga profesionalisme sesuai perkembangan zaman," ujar Umi.

Dijelaskan Umi, untuk menciptakan negara maritim yang kuat, maju, dan mandiri, tenaga maritim harus benar-benar siap bersaing, tidak hanya nasional namun juga global. Adapun tema yang diambil pada wisuda kali ini, yakni Gender Equality and Womens Empowerment in Maritime Industry menjadi sebuah tema yang membawa spirit kesetaraan gender bagi para taruni BP2IP Tangerang.

"Hari Kartini yang kita lalui beberapa waktu lalu, menjadi momentum untuk terus menggelorakan emansipasi perempuan untuk dapat kesetaraan hak dengan kaum pria. Hari ini, di wisuda ini kita melihat ada beberapa pasukan wisudawan perempuan, ini merupakan suatu bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan kesetaraan hak. Sehingga kelak wanita tidak hanya terampil di bidang pekerjaan di rumah tangga saja, tapi juga terampil di dunia kerja dengan kompetensi dan profesionalitas yang layak dibanggakan," katanya.*

 

Baca : Menhub Budi Karya Buka DPM di BP2IP Tangerang

Lihat : BP2IP Tangerang Bekali Masyarakat Wawasan Kelautan