BP2IP Tangerang Laksanakan Wisuda Pamungkas

Selasa, 07 Mei 2019 19:48 Dede Hadiyana Nasional

BP2IP Tangerang Laksanakan Wisuda Pamungkas

 

Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang menggelar acara wisuda pamungkas dengan mewisuda 354 lulusan Diklat Pelaut (DP) Pembentukan Tingkat III dan IV yang berlangsung di Seven Oceans Field Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Sabtu (4/5/2019).

Dijumpai Koropak usai acara, Kepala BP2IP Tangerang, Joni Turiska, S.T.,M.Si.,M.Mar.E mengatakan bahwa, jumlah lulusan taruna dan taruni dari tahun ke tahun terus alami peningkatan yang secara otomatis tingkat lulusan juga meningkat.

"Bukan tingkat lulusannya saja, akan tetapi penyerapan lapangan pekerjaan untuk SDM di bidang kelautan sangat dibutuhkan karena kompetensi yang mereka miliki ini bukan hanya berlaku untuk skup kelautan nasional saja namun juga internasional," katanya kepada koropak Selasa (7/5/2019).

 

 Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Laksanakan Wisuda Pamungkas (2)

 

 

Baca : Indonesia Negara Maritim Terbesar di Dunia

 

Dengan demikian, lanjut Joni, lapangan pekerjaan bagi para lulusan BP2IP Tangerang sangat terbuka luas.  "Dalam momentum pelantikan ini, kita juga gelar penandatangan kerjasama dengan beberapa perusahaan pelayaran sebagai upaya BP2IP Tangerang dalam mengalokasikan bidang pekerjaan bagi lulusan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti, Ir.,M.Sc menyambut baik pelantikan 354 perwira kelautan yang diwisuda BP2IP Tangerang pada Sabtu (4/5/2019).

"BP2IP Tangerang melantik 354 perwira kelautan andal dan kompeten. Hal ini menjadi salah satu bentuk perwujudan atas apa yang telah diarahkan Presiden Jokowi untuk tahun 2019, yakni tahun pengembangan SDM yang berbasis kompetensi, vokasi, dan profesionalisme," katanya.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Laksanakan Wisuda Pamungkas (3)

 

Baca : BP2IP Tangerang Wisauda 354 Pelaut

 

Perwira Pelayaran Niaga, kata Umi, merupakan manusia unggul di bidang maritim yang akan berkiprah di dunia kerja dan maritim, yang tentunya selain membawa nama baik pribadi dan almamater, juga membawa nama baik bangsa Indonesia.

"Saat ini, kita menghadapi tantangan dan peluang, khususnya persaingan tenaga kerja Indonesia unggul dan produktif. Indonesia akan segera memasuki masa bonus demografi, di mana komposisi usia produktif lebih tinggi dibanding usia non produktif," tutur Umi.*

 

Lihat : Wujud Rasa Syukur BP2IP Tangerang Menuju Politeknik Palayaran Banten