Kembangkan Diri Sebelum Terjun Ke Lapangan

Selasa, 07 Mei 2019 20:02 Eris Kuswara Nasional

Kembangkan Diri Sebelum Terjun Ke Lapangan

 

Koropak.co.id - Jika berbicara proses pembelajaran, tentu para taruna dan taruni yang mengikuti pendidikan di Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang telah ditempat dengan disiplin ilmu pelayaran hingga akhirnya lulus dan mengikuti proses pelantikan pada Sabtu (4/5/2019).

Kepala BP2IP Tangerang, Joni Turiska, S.T.,M.Si.,M.Mar.E menuturkan para taruna/ taruni yang masuk ke BP2IP Tangerang diberikan pemahaman mengenai kompetensi tentang ilmu kepelautan dengan mengikuti masa pendidikan dan pelatihan di kampus selama 3 semester atau 1,5 tahun.

 

Koropak.co.id - Kembangkan Diri Sebelum Terjun Ke Lapangan (4)

 

"Usai menjalani teori tersebut, mereka juga melaksanakan praktikum di laut selama 12 Bulan atau 1 tahun hingga akhirnya mereka lulus," kata Joni kepada Koropak selepas acara pelantikan 354 lulusan Diklat Pelaut (DP) Pembentukan Tingkat III dan IV yang digelar di Seven Oceans Field Kampus BP2IP Tangerang, Jalan Raya Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang.

Joni juga meyakini apa yang telah diberikan BP2IP Tangerang sudah sangat cukup untuk menjadi bekal kompetensi dalam pekerjaan sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang kelautan.

"Kegiatan ini merupakan suatu rangkaian yang bisa dikatakan untuk mengisi dan membekali diri mereka sebelum dan ketika mereka harus siap untuk terjun ke masyarakat nantinya guna mengabdi kepada NKRI," kata Joni, kepada koropak Selasa (7/5/2019).

 

Koropak.co.id - Kembangkan Diri Sebelum Terjun Ke Lapangan (5)

 

Baca : BP2IP Tangerang Laksanakan Wisuda Pamungkas

 

Joni pun berharap, untuk para lulusan yang baru saja dilantik, dengan kompetensi yang mereka miliki dapat diaplikasikan ilmunya dalam dunia kerja.

"Nantinya, bukan hanya mereka saja yang akan mendapatkan penghasilan dan mensejahterakan keluarganya. Tetapi, mereka turut memberikan kontribusi yang lebih besar khususnya dalam rangka untuk pembangunan di negara Republik Indonesia yang kita cintai ini," ucapnya.*

 

Lihat : BP2IP Tangerang Buka Penerimaan Calon Taruna