BP2IP Tangerang Gelorakan Spirit Kesetaraan Gender

Rabu, 08 Mei 2019 20:27 Eris Kuswara Nasional

BP2IP Tangerang Gelorakan Spirit Kesetaraan Gender

 

Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang yang akan bertransformasi menjadi Politeknik Pelayaran Banten, telah mewisuda 354 perwira pelayaran niaga. Di antara mereka, terdapat 13 wanita tangguh.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan, Umiyatun Hayati Triastuti, Ir.,M.Sc saat dikonfirmasi Koropak Rabu (8/5/2019), menanggapi tema emansipasi wanita yang diusung dalam acara pelantikan lulusan BP2IP Tangerang di Seven Oceans Field Kampus BP2IP Tangerang, Sabtu (4/5/2019).

"Jadi, hal ini turut menunjukan bahwa emansipasi wanita juga sudah berada di jalan sektor maritim khususnya di bidang pelayaran untuk menciptakan negara maritim yang kuat, maju, dan mandiri, tenaga maritim harus benar-benar siap bersaing, tidak hanya nasional namun juga global," katanya.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Gelorakan Spirit Kesetaraan Gender (2)

 

Dengan mengusung tema pada wisuda kali ini, yakni Gender Equality and Womens Empowerment in Maritime Industry menjadi sebuah tema yang membawa spirit kesetaraan gender bagi para taruni BP2IP Tangerang.

"Hari Kartini yang kita lalui beberapa waktu lalu, menjadi momentum untuk terus menggelorakan emansipasi perempuan untuk dapat kesetaraan hak dengan kaum pria. Di wisuda ini, kita melihat ada beberapa lulusan perempuan. Ini merupakan suatu bentuk perhatian pemerintah dalam memberikan kesetaraan hak, sehingga kelak wanita tidak hanya terampil di bidang pekerjaan di rumah tangga saja, tapi juga terampil di dunia kerja dengan kompetensi dan prfofesionalitas yang patut dibanggakan," ujarnya.

 

Koropak.co.id - BP2IP Tangerang Gelorakan Spirit Kesetaraan Gender (3)

 

Baca : Kembangkan Diri Sebelum Terjun ke Lapangan

Selain itu, kesetaraan gender merupakan suatu jawaban dari arahan Presiden RI, Jokowi yang mencanangkan tahun 2019 ini, program pemerintah lebih terfokus kepada pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Rata-rata mereka sudah melakukan praktek berlayar selama 1 tahun lebih sehingga kami berharap mereka sudah siap ditempatkan di tempat kerja yang baru. Nantinya, diharapkan lulusan BP2IP Tangerang akan lebih mendominasi pelaut Indonesia, baik untuk skala nasional maupun internasional," ucapnya.*

 

Baca : Tingkatkan Fasilitas BP2IP Tangerang Jalin Kerjasama