Kasus Money Politics Dilimpahkan Ke Polres Tasikmalaya

Senin, 13 Mei 2019 22:39 D. Farhan Kamil Daerah

Kasus Money Politics Dilimpahkan Ke Polres Tasikmalaya

 

 

Koropak.co.id - Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya melimpahkan berkas kasus dugaan pelanggaran pidana pemilu berupa politik uang (money politics) yang diterjadi di daerah pemilihan (dapil) 7, ke penyidik Satreskrim Polres Tasikmalaya, Senin (13/5/2019).

Pelimpahan berkas perkara kasus dugaan tindak pidana pemilu itu, dilakukan langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya, Dodi Juanda didampingi anggota dan diterima Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya Ajun Komisaris Polisi Pribadi Atma.

Dodi mengatakan, seiring telah terpenuhinya unsur syarat formil maupun materil yang selama ini ditangani sentra Gakumdu, Hari ini, Bawaslu menyerahkan seluruh berkas perkara kasus dugaan tindak pidana pemilu yang terjadi pada masa tenang, ke penyidik polres.

"Seluruh urusan terkait kasus ini, diserahkan sepenuhnya ke penyidik Polres Tasikmalaya. Artinya, persoalan ini ke depan menjadi ranah Polres bukan di Bawaslu atau Gakumdu," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Kasus Money Politics Dilimpahkan Ke Polres Tasikmalaya (2)

 

Baca : Kasus Politik Uang, Bawaslu Giring Temuan Ke Gakumdu

Menurutnya, dugaan pokitik uang yang dilaporkan terjadi di daerah pemilihan (dapil) 7, tepatnya di Kecamatan Salawu dilakukan oleh salah seorang calon DPRD Kabupaten Tasikmalaya, dengan jumlah nominal uang yang dibagikan sebesar Rp 17.800.000.

"Kasus dugaan politik uang ini, ditemukan Bawaslu pada masa tenang sebelum pencoblosan Pileg dan Pilpres 17 April 2019 lalu yang diduga melibatkan salah saru caleg dari partai Gerindra dengan nominal Rp 20.000 hingga Rp. 50.000 per orang," tuturnya.

Selain dugaan kasus di Kecamatan Salawu, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya juga menerima laporan kasus politik uang dari beberapa kecamatan berbeda. "Setidaknya ada 7 laporan lainnya yang tengah dikaji Bawaslu, dalam tahap investigasi awal," kata Dodi.*

 

Baca : Bawaslu Tasikmalaya Kembali Digeruduk Massa

Baca : Tak Adil Dalam Hukum Bawaslu Digeruruk Massa

 

 


Berita Terkait