Gaji Ke-13 Dan THR Dipastikan Cair Sebelum Lebaran

Selasa, 14 Mei 2019 08:00 D. Farhan Kamil Daerah

Gaji Ke-13 Dan THR Dipastikan Cair Sebelum Lebaran

 

Koropak.co.id - Bupati Tasikmalaya, H. Ade Sugianto memastikan, gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) 2019, dibayarkan sebelum takbir berkumandang, alias malam hari raya Idulfitri 1440 Hijriah.

Kepastian itu disampaikan, menyusul munculnya aturan baru dari pemerintah pusat mengenai mekanisme pembayaran gaji ke-13 dan THR yang dinilai akan menghambat proses pembayaran gaji maupun tunjangan tersebut.

Dimana ketentuannya sebagaimana diatur dalam Pasal 10 Peraturan Pemerintah Nomor 35 dan Nomor 36 Tahun 2019, adalah diharuskannya ada Perda (Peraturan Daerah) tentang teknis pemberian gaji ke-13 dan THR yang bersumber dari APBD. Sedangkan pembentukan Perda tidak sesederhana atau semudah pembentukan Peraturan Menteri yang bersifat sepihak.

 

Baca : Kabar Gembira, THR dan Gaji Ke-13 Segera Cair

 

"Anggarannya sudah dicanangkan di APBD. Kita tinggal eksekusi saja pada saatnya nanti. Jadi tidak ada persoalan dari sisi anggaran. Sehingga kita pastikan tepat waktu. Jika dibayar setelah hari raya, maka itu berubah menjadi TS (Tunjangan Syawal)," ujarnya disusul gelak tawa, Senin (13/2/2019).

Ditambahkan, sebagaimana tahun sebelumnya, meskipun tanpa ada APBD perubahan, pemerintah telah menunaikan kewajibannya secara utuh dengan membayar gaji ke-13 maupun tunjangan hari raya. Padahal ada daerah yang hanya mampu membayar gaji saja.

"Kita sudah menyiapkan anggaran untuk gaji pokok dan tunjangannya. Birokrasi tak perlu resah," ucapnya.*

 

Baca : Status Sekda Masih PNS Dengan Setengah Gaji