Gara Gara Mobil Mogok Kinerja Tak Maksimal

Kamis, 16 Mei 2019 01:12 D. Farhan Kamil Daerah

Gara Gara Mobil Mogok Kinerja Tak Maksimal

 

Koropak.co.id - Miris, gara-gara mobil operasional sering mogok, pelaksanaan tugas patroli rutin Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tasikmalaya jadi tidak maksimal bahkan merangkak. Masih untung bila didorong bisa menyala, sialnya kendaraan tersebut malah harus masuk bengkel dan diinfus hingga berhari-hari.

Bagaimana tidak ngacir, mobil patroli yang saat ini intens digunakan adalah kendaraan hasil pengadaan dari APBD tahun 2003. Sedangkan truk patrolinya merupakan hasil pengadaan APBD tahun 2009.

"Ya jujur saja, mobil operasional untuk patroli dan truk pasukan Satpol PP ini cukup merepotkan karena sering mogok ketika tengah dibawa bertugas. Bahkan kendaraan operasional yang dipakai setingkat kepala bidang pun sama," tutur Kasatpol PP Kabupaten Tasikmalaya H. Imam Gojali, Rabu (15/5/2019).

Saat ini tambah dia, kendaraan operasional untuk para staff termasuk Kabid Trantibum, merupakan mobil lama berupa Carry tua dan Eskudo bekas Patwal Bupati. Tetapi menurutnya masih beruntung, jika dibandingkan dengan Sekretaris Dinas Satpol PP yang hingga kini belum mendapatkan kendaraan operasional.

"Kita terpaksa meminjam bak terbuka yang merupakan kendaraan operasional Pemdam Kebakaran," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Gara Gara Mobil Mogok Kinerja Tak Maksimal (2)


Baca : Empat Pelajar SMP Digaruk Pol PP

Sementara itu, Sekretaris Dinas Satpol PP Ahmad Fauzi didampingi Kabid Trantibum Dindin mengatakan, sebagai Praja Wibawa, Satpol PP berharap memiliki wibawa dengan segala kelengkapannya.

Meskipun fungsi Satpol PP saat ini tetap dijalankan secara maksimal, namun dengan sarana dan prasarana yang ada, yakni satu unit mobil patroli dan satu truk pasukan atau anggota, dinilai tidak rasional dengan wilayah jangkauan 39 kecamatan 351 Desa. Ditambah lagi dengan jumlah personil Satpol PP sebanyak 132 orang, tentu tidak akan muat bilamana dalam satu kegiatan khusus harus diangkut oleh kedua kendaraan tersebut.

Sesuai batasan standar pelayanan minimal, idealnya ada 3 unit mobil patroli dan 3 unit truk anggota/dalmas. "Meski unit kendaraan terbatas, kita tetap berupaya melaksanakan seluruh tugas secara optimal," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya sudah berulang kali mengajukan pemohonan penambahan unit kendaraan, tetapi belum mendapat direspons.*


Baca : Satpol PP Kabupaten Tasikmalaya Sebarkan Edaran

 

 


Berita Terkait