Bantuan Keuangan Desa Terhambat Ajuan Proposal

Jum'at, 17 Mei 2019 03:39 Ahmad Mukhlis Desa

Bantuan Keuangan Desa Terhambat Ajuan Proposal


Koropak.co.id - Pencairan Bantuan Keuangan (Bankeu) di sejumlah desa se-Kabupaten Ciamis menuai protes karena pencairannya tidak merata. Masih ada 30 desa yang belum cair, oleh sebab itu, beberapa kepala desa menyatakan protes.

"Semula sempat salah paham karena ada radiogram dari Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, yang menyatakan ada penundaan pencairan. Tapi sudah dua hari ini selesai masalahnya, tidak ada salah paham lagi," ujar Kepala Desa Pusakanagara Kecamatan Baregbeg Kabupaten Ciamis, Wawan Gani Pranoto kepada Koropak, Kamis (16/5/2019).

Menurut Wawan, Bankeu berdasarkan aturan memang tidak cair secara merata karena disesuaikan dengan ajuan proposal dari desa. Besarnya bantuan juga sesuai permintaan dan keperluan desa. Dengan demikian bagi desa yang cepat selesai proposalnya maka akan cepat cair juga. Ini yang membuat salah paham kemarin.

"Sebagian besar desa di Kecamatan Baregbeg belum cair karena paling terakhir mengajukan proposalnya. Termasuk desa kami yang sedang proses pembuatan proposal," ujar Wawan.

 

Koropak.co.id - Bantuan Keuangan Desa Terhambat Ajuan Proposal (2)

 

Baca : Dana Desa Belum Cair Pemerintah Desa Puasa Anggaran

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ciamis, H. Lili Romli membenarkan ada sebagian kepala desa yang protes dengan mekanisme pencairan Bankeu. Tapi aturan memang mensyaratkan ada mekanisme pengajuan dari desa. Besarnya disesuaikan dengan kebutuhan desa.

"Kalau ingin cepat cair ya cepat mengajukan proposal sesuai persyaratan yang ditetapkan. Yang sudah cair itu karena sudah duluan proposalnya sedangkan yang tertunda belum lengkap syaratnya," ujar Lili.

Menurut Lili, ada 30 desa yang lambat melengkapi persyaratan proposal. Akibat keterlambatan pengajuan otomatis cairnya juga tertunda. Ini yang kemarin memancing polemik dari beberapa kepala desa.

"Kami akan cairkan secepatnya tapi tolong desa yang belum lengkap proposalnya segera lengkapi. Kami tidak akan mempersulit pencairan. Nominal yang cair juga disesuaikan dengan anggaran di proposal," ujar Lili.*


Baca : Aturan Penggunaan Dana Desa Disosialisasikan