Minimalkan Pelanggaran, Tim Gabungan Gelar Operasi

Sabtu, 18 Mei 2019 17:57 Ahmad Mukhlis Daerah

Minimalkan Pelanggaran, Tim Gabungan Gelar Operasi


Koropak.co.id - Tim gabungan Polres Ciamis, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis, Kodim 0613/Ciamis dan Satpol PP menggelar operasi cipta kondisi, Jumat (17/5/2019) malam, dengan sasaran tempat kos-kosan dan komunitas motor di wilayah Ciamis Kota.

Dalam razia tersebut, tim BNN Kabupaten Ciamis melakukan test urine terhadap delapan warga untuk memastikan terbebas dari narkoba. Hasilnya, delapan warga yang ditest urine tersebut dinyatakan positif menggunakan narkoba. Hasil operasi secara keseluruhan, wilayah Ciamis dinilai kondusif, aman dan terkendali, bebas dari praktik penyakit masyarakat dan peredaran narkoba.

“Dalam dua minggu terakhir selama bulan Ramadan ini, Alhamdulillah kondisi Ciamis kondusif, aman dan terkendali berkat kerjasama dan koordinasi dengan Polres dan Kodim yang selalu bersinergi dalam melaksanakan kegiatan,” kata Kepala BNN Kabupaten Ciamis, AKBP Yaya Satyanagara saat dikonfirmasi Koropak, Sabtu (18/5/2019).

Menurut Yaya, operasi digelar untuk menyisir mereka yang mungkin menggunakan obat-obat terlarang, narkotika, psikotropika ataupun obat terlarang yang mengandung zat adiktif, yang tidak diperbolehkan.

"Operasi tersebut akan terus berlanjut hingga pelaksanaan Operasi Ketupat saat menjelang lebaran. Pada Operasi Ketupat, kami lakukan razia khusus. Selama Ramadan, razia akan dilakukan secara berkelanjutan. Bahkan akan dilakukan razia gabungan rutin berupa patroli yang menyisir daerah-daerah yang disinyalir rawan pelanggaran gangguan kamtibmas,” ujar Yaya.

 

Koropak.co.id - Minimalkan Pelanggaran, Tim Gabungan Gelar Operasi (2)

 

Baca : Gandeng Instansi, BNN Ciamis Tingkatkan Sinergitas

Sementara Wakapolres Ciamis, Kompol Lulu Wira Sutriana mengatakan, saat ini Ciamis bebas dari geng motor. Sejumlah komunitas motor di Ciamis pun, akan terus dilakukan pembinaan secara rutin.

“Di bulan Ramadan ini, kami bersama Dinas Pariwisata usai mengadakan acara ngabuburit bareng dengan 22 elemen komunitas motor, termasuk di dalamnya ada brigez dan moonraker. Mereka disediakan stand-stand untuk menampilkan kreativitasnya masing-masing, sehingga selama Ramdan ini tidak ada kegiatan geng motor atau komunitas lainnya yang melakukan pelanggaran hukum," ujar Lulu.

Menurut Lulu, komunitas motor yang ada di Ciamis sudah membuat kesepakatan yang isinya berkomitmen tidak akan ada kegiatan melanggar hukum di wilayah Kabupaten Ciamis.

“Semoga keberadaan komunitas motor di Ciamis bisa jadi contoh bagi daerah lain, mereka rutin dilakukan pembinaan yang terus diarahkan kepada kegiatan-kegiatan positif,” katanya.*

 

Baca pula : BNN Tekankan Pelajar Terbebas Dari Narkoba