Tips Memilih Daging Saat Bulan Ramadan

Rabu, 22 Mei 2019 22:18 Eris Kuswara Ramadan

Tips Memilih Daging Saat Bulan Ramadan


Koropak.co.id - Bagi kalian yang hobi mengkonsumsi daging sapi, perlu diketahui sebelum membeli daging sapi tersebut khususnya di bulan Ramadan. Selain itu, kalian juga harus teliti dalam memilih daging sapi yang baik, sehat dan segar. Dan berikut beberapa tips dalam memilih daging sapi di bulan Ramadan.

1. Perhatikan warna daging
Daging yang memiliki kualitas baik itu biasanya mempunyai warna merah yang tampak masih sangat segar sekali serta tidak terlihat pucat dan kotor.

2. Cium aroma daging
Daging sapi yang masih dalam keadaan segar juga biasanya akan tercium aroma daging yang segar dan tidak akan tercium bau busuk atau bau amis pada daging tersebut.

3. Lihat tekstur daging
Apabila kamu mendapati tekstur daging yang kenyal serta posisinya kembali seperti semula pada saat di tekan, maka bisa dipastikan daging tersebut masih dalam keadaan segar atau baru. Namun jika sebaliknya, ketika daging yang ditekan terasa lembek, dipastikan daging itu sudah dalam keadaan tidak segar lagi.

 

Koropak.co.id - Tips Memilih Daging dibulan ramadhan (2)

 

4. Hindari memilih daging berair
Disarankan untuk tidak memilih daging yang berair, karena bisa saja daging tersebut merupakan daging gelonggongan. Namun, jika yang menetes pada daging tersebut adalah darah, maka tidak masalah karena itu merupakan sari dari daging sapi tersebut.

6. Waktu Membeli
Para pedagang daging sapi mulai memotong daging pada pukul 02.00 WIB dini hari seperti di Pasar Induk Cikurubuk Kota Tasikmalaya. Waktu tersebut sangat direkomendasikan bagi kamu yang ingin membeli daging sapi, karena pada jam-jam itu daging masih fresh dan masih baru dipotong.

Di bulan Ramadan tahun ini, salah seorang pedagang daging sapi potong di Pasar Induk Cikurubuk, Hj. Nina Ratih mengatakan, pada minggu pertama bulan Ramadan biasanya kualitas daging kurang bagus dibandingkan hari-hari biasa. Berbeda ketika H-7 menjelang Lebaran, daging sapi kualitasnya mulai meningkat.

"Disini daging yang saya jual merupakan daging lokal. Akan tetapi khusus di Bulan Suci Ramadan kali ini, saya membeli sapi potong dari daerah Lampung dikarenakan memiliki harga yang cukup murah tetapi memiliki kualitas yang cukup baik juga," kata Nina.*

 

Baca : Kolak Jadi Kudapan Favorit Saat Ramadan