Sahur On The Road, Berbagi Dengan Tunawisma

Kamis, 23 Mei 2019 19:36 Dede Hadiyana Ramadan

Sahur On The Road, Berbagi Dengan Tunawisma

 

Koropak.co.id - Bulan suci Ramadan merupakan bulan yang penuh berkah dimana umat muslim berlomba-lomba mengumpulkan amal kebaikan. Seperti halnya di komunitas penggiat alam bebas Lacak Jejak Sudut Kompas (LJSK) yang menggelar kegiatan Sahur On The Road di sekitaran Kota Tasikmalaya, Rabu (22/5/2019) dini hari.

Sama seperti tahun lalu, pada kegiatan tahun ini yang memang sudah menjadi agenda setiap memasuki bulan Ramadan, sekitar 24 warga LJSK namun lebih didominasi oleh warga LJSK Gelombang 2 (G-2) yang membagikan nasi kotak kepada para tunawisma disekitaran Kota Tasikmalaya.

Dijumpai Koropak di Basecamp LJSK, Jalan Leuwidahu Kota Tasikmalaya, Kamis (23/5/2019) Kepala Suku LJSK Alan Jungle mengatakan, Sahur On The Road tahun ini merupakan kali ketiga digelar setiap bulan Ramadan terlepas dari kegiatan dan aktivitas LJSK lainnya.

"Alhamdulillah, dini hari kemarin kita menyusuri jalan-jalan di Kota Tasikamalaya menggunakan sepeda motor mulai dari sekitaran Eks Terminal Cilembang, Simpang Lima, Alun-alun Kota, hingga Jalan HZ Mustofa. Dan kita bagi beberapa tim menyebar ke beberapa titik dimana sering nampak para gepeng itu," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Sahur On The Road, Berbagi Dengan Tunawisma (2)

 

Baca : Sukses, Ramadan Berbagi Raup Atensi Pengunjung

Masih sama seperti tahun sebelumnya, kata Alan, warga LJSK yang turun ke jalan membagikan puluhan nasi kotak untuk santap sahur bagi para tunawisma, pengemis dan juga para pemulung. Akan tetapi, kali ini para tunwisma di Kota Tasikmalaya sudah sedikit berkurang.

"Kita membagikan sekitar 70 nasi kotak kepada para tunawisma termasuk para tukang becak yang masih mangkal menunggu penumpang. Terlihat berkurangnya pengemis dan gelandangan di Kota Tasikmalaya jika dibandingkan dengan tahun lalu yang mencapai 100 bungkus," katanya.

Alan berharap, dengan adanya kegiatan ini bisa menumbuhkan dan meningkatkan jiwa sosial khususnya warga LJSK untuk bisa selalu berbagi kepada sesama dalam melaksanakan ibadah di bulan yang penuh rahmat ini.

"Diharapkan juga bisa menjadi amal baik bagi warga LJSK dan juga para agnia yang turut mendukung kegiatan sosial ini. Yang pasti, semoga kemiskinan di Kota Tasikmalaya semakin berkurang dan tidak ada lagi gelandangan dan pengemis di Kota Tasikmalaya," ucapnya.*

 

Baca pula : Tiga Ribu Anak Yatim Ikuti Big Bukber 2019

 


Berita Terkait