Malam Takbir, Berkah Bagi Pengrajin Kulit Bedug

Kamis, 23 Mei 2019 23:12 Eris Kuswara Ramadan

Malam Takbir, Berkah Bagi Pengrajin Kulit Bedug


Koropak.co.id - Bedug biasanya dibunyikan sebagai pemberitahuan waktu shalat tiba terutama di bulan suci Ramadan. Bedug sendiri terbuat dari sepotong batang kayu besar atau pohon enau dengan bagian tengah batangnya dilubangi sehingga akan berbentuk tabung besar. Ujung batangnya ditutup dengan kulit binatang seperti dari kulit sapi, kerbau atau domba yang berfungsi sebagai membran atau selaput gendang.

Salah seorang Pengrajin Kulit Bedug yang berasal dari daerah Tundagan Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya, Andang mengatakan kepada Koropak, Kamis (23/5/2019), pada bulan Ramadan selama 2 minggu terakhir dia sudah menjual sebanyak 6 kulit bedug. Namun sayangnya, untuk Ramadan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena usahanya ini mengalami sedikit penurunan dibandingkan tahun lalu.

"Biasa kulit bedug ini sudah ramai dipesan oleh konsumen mulai H-5 ke malam takbiran. Untuk harga satuannya kulit bedug ini dijual mulai dari Rp 250.000. Penjualannya sendiri hanya dilakukan secara offline saja karena terkadang suka ada konsumen datang langsung ke lokasi pembuatan kulit bedug," kata Andang.

 

Koropak.co.id - Malam Takbir, Berkah Bagi Pengrajin Kulit Bedug (2)

 

Baca : Kolak Jadi Kudapan Favorit Saat Ramadan

Ditambahkan Andang, untuk kulit bedug yang dijual ditempatnya terbuat dari kulit sapi saja dikarenakan jika menggunakan kulit domba maka tidak akan tahan lama. Kulit sapi tersebut didapatkan dari orang yang menjual ke tempatnya dengan menerima kulit mentahnya. Dan untuk pembuatan kulit bedug, dikerjakan selama 2 hingga 3 hari tergantung dengan cuaca.

"Saya sudah berjualan kulit bedug ini sekitar 5 tahun dan awal mulanya saya terinspirasi dan berinisatif berjualan kulit bedug dari Almarhum Ato yang merupakan orang Gobras Tamansari Kota Tasikmalaya dan suka menjual kulit hewan. Dari sanalah dia menyarankan kepada saya untuk menjual kulit bedug, sehingga usaha tersebut sudah bertahan hingga kini,"ucapnya.*

 

Baca : Tips Memilih Daging Saat Bulan Ramadan


Berita Terkait