Sejumlah Terobosan Akan Digeber Di Tahun 2019

Senin, 27 Mei 2019 20:35 D. Farhan Kamil Daerah

Sejumlah Terobosan Akan Digeber Di Tahun 2019


Koropak.co.id - Setelah mewacanakan rencana launching layanan nomor telepon 119, Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto menuturkan jika ia memiliki sebaris rencana dan program strategis yang sudah mengantri dan kini sedang dalam pematangan persiapan untuk dievaluasi sebelum diaplikasikan.

Jika layanan 119 ini berkaitan dengan urusan bagaimana pemerintah melalui Unit Pelayanan Cepat Penanggulangan Kemiskinan (UPCPK) dapat hadir dan terfokuskan, merespons keluh kesah warga khususnya masyarakat ekonomi lemah atas kebutuhan layanan kesehatan dan penanggulangan kemiskinan itu sendiri, program-program yang sudah siap digeber ke depan, masih tetap menukik tentang bagaimana pemerintahan hari ini mampu tampil lebih gesit dan tepat melayani rakyat.

"2019 ini adalah tahun pelayanan. Pemkab Tasikmalaya akan terus berupaya membuat loncatan-loncatan positif berdasarkan kemampuan yang ada dan aturan demi kemajuan semua pihak. Kita ingin Tasikmalaya lebih baik," kata Ade Sugianto, Senin (27/5/2019).

 

Baca : Ketidakjelasan Data Warga Miskin, Rugikan Masyarakat

Terkait layanan telepon 119, untuk mengoptimalkan kerja layanan tersebut, UPCPK nantinya akan disiapkan operator khusus di UPCP yang siap melayani masyarakat selama 1x24 jam.

"Dalam layanan 119 UPCPK ini, apabila ada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya yang mengalami kendala tempat, jarak atau lokasi, petugas UPCPK akan menjemput ke lokasi untuk memastikan mendapat pelayanan," ujarnya.

Masih berkaitan dengan pelayanan penanggulangan kemiskinan kata Ade, selain telah mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang zakat, infaq dan shadaqah. Dimana seluruh ASN wajib menyalurkan ketiga hal tersebut melalui BAZNAS, Pemerintah juga telah mengeluarkan himbauan gerakan Rp 2.000 (gebu) yang ditarik dari setiap PNS di lingkungan Pemkab Tasikmalaya dan di setor ke unit zakat masing-masimg SKPD pada setiap hari Jumat.

 

Baca : Data Kemiskinan Kab. Tasikmalaya Tidak Up To Date

"Alhamdulillah sejauh ini berjalan mulus. Tingkat kepedulian PNS terhadap program pengentasan kemiskinan ini masih patut dibanggakan dan kita syukuri bersama. Untuk pengelolaan dana 'gebu' ini dilakukan dengan profesional dan tanggung jawab oleh pihak Baznas, kita dari pemerintah akan memandu kebutuhan-kebutuhannya sebagai solusi kemiskinan berbasis data riil dari masing-masing RT/RW/Kepala Desa," tutur Ade.

Dengan cara seperti ini terang Ade, agar permasalahan di Kabupaten Tasikmalaya ini bisa terpilah dengan mudah. Mana program pemerintah yang bersifat pelayanan? dan mana program pemerintah yang memiliki profit.*

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Ajak Kades Rangkul Masyarakat