Suka Duka Ramadan Di Lapas Ciamis

Kamis, 30 Mei 2019 20:25 Ahmad Mukhlis Ramadan

Suka Duka Ramadan Di Lapas Ciamis


Koropak.co.id - Suasana Ramadan dan Idulfitri di Lapas Ciamis selalu memiliki cerita mengharukan. Salah satu cerita haru disampaikan Agus Pujianto, salah satu warga binaan asal Banjarsari yang baru bebas sebulan lalu.

"Dari 300 warga binaan, yang beragama Islam tetap diberi hak melaksanakan ibadah sholat Tarawih selama Ramadan. Saya baru merasakan nikmatnya sholat justru di dalam penjara. Saya bisa konsentrasi dan khusyuk dalam beribadah," ujar Agus saat dijumpai Koropak, Kamis (30/5/2019).

Menurut Agus, warga binaan yang merasakan pengapnya penjara adalah manusia mutiara yang terkurung. Mereka kekeringan spiritual akibat tipisnya iman, di dalam penjara mereka bisa menemukan cahaya iman setelah dibimbing zikir dan ibadah lainnya.

"Penjara bisa menjadi sarana hijrah menuju kebaikan. Ini bagi warga binaan yang sudah tercerahkan hatinya. Sehingga kelak saat keluar dari penjara sudah insyaf," ujar Agus.

 

Koropak.co.id - Suka Duka Ramadan Di Lapas Ciamis (2)

 

 

Baca : BNNK Ciamis Gelar Tes Urine Di Lapas Kelas II B Ciamis

 

Sementara itu, Kepala Lapas Ciamis, Fajar Nur Cahyono menambahkan Lapas Ciamis memberikan hak beribadah sholat Tarawih selama Ramadan kepada warga binaan. Namun teknis pelaksanaannya dijadwal sesuai jadwal kamar.

"Jumlah total ada 300 warga binaan, kalau semua dilepas dari kamar untuk sholat tarawih, akan kewalahan petugas jaga. Makanya digilir setiap malam yang melaksanakan sholat tarawih hanya sekitar 70 orang jamaah," ujar Fajar.

Menurut Fajar, selain memberi hak ibadah selama Ramadan, pihaknya juga akan memberikan remisi kepada warga binaan seusai sholat Idulfitri. Pemberian remisi ini sudah menjadi tradisi dan kebijakan untuk warga binaan yang dinilai memenuhi syarat.

"Warga binaan yang sudah memenuhi syarat tertentu dan terlihat semakin baik selama di Lapas Ciamis akan mendapatkan remisi," ujar Fajar.*

 

Baca : Pemilu 2019 Di Lapas Ciamis Kondusif