H-4, Lebih Dari 3.000 Kendaraan Masuk Ciamis

Minggu, 02 Juni 2019 00:21 Ahmad Mukhlis Ramadan

H-4, Lebih Dari 3.000 Kendaraan Masuk Ciamis


Koropak.co.id - Arus mudik yang melewati Kabupaten Ciamis dari timur dan barat pada H-4, Sabtu (1/6/2019) mulai meningkat jumlahnya. Kendaraan mudik yang dari timur ke barat mencapai 1.537 kendaraan. Sedangkan yang dari barat ke timur mencapai 1.452 kendaraan.

"Jumlah kendaraan mudik yang lewat Ciamis dihitung hingga pkl 13.00 WIB totalnya hampir 3.000 kendaraan. Malam nanti jumlah kendaraan akan mengalami lonjakan," ujar Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Endang Sutrisna didampingi Kabid Lalulintas, Dede Hendra saat dijumpai Koropak di Pos Pemantauan Arus Mudik di Bilangan Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis Sabtu, (1/6/2019).

Untuk jumlah pemudik dari Jakarta ke Ciamis, kata Endang, ada 219 orang yang tercatat berdasarkan KTP Jakarta. Sedangkan warga Ciamis yang merantau ke Jakarta tanpa ber-KTP Jakarta jumlahnya lebih banyak lagi.

"Perantau yang ber-KTP Jakarta difasilitasi bus mudik gratis. Gubernur Anis Baswedan menyiapkan 15 bus mudik gratis, tapi yang terisi hanya 8 bus dengan jumlah penumpang 219 orang. Sedangkan jumlah sepeda motor yang diangkut lewat paket gratis berjumlah 9 kendaraan roda dua," ujar Endang.

 

Koropak.co.id - H-4, Lebih Dari 3.000 Kendaraan Masuk Ciamis (2)

 

Baca : H-7, Lingkar Gentong Masih Lengang

Menurut Endang, program Mudik Gratis 2019 sangat berguna bagi para pemudik, termasuk warga Ciamis. Kepedulian dan perhatian Gubernur Anis layak diacungi jempol.

"Kami mengimbau agar warga Ciamis yang merantau ke Jakarta agar bisa menjaga nama baik Gubernur Anis dan mendukung program kerja Gubernur Anis. Jarang sekali ada program mudik gratis sebelum ada Gubernur Anis," ujar Endang.

Menyoal kelaikan bus asal Ciamis, Endang mengatakan, semua bus asal Ciamis aman dan laik jalan. Hanya ada beberapa bus yang tidak dilengkapi surat-surat.

"Bus sudah dinyatakan laik bisa digunakan oleh masyarakat. Insyaallah aman dan nyaman, " ujar Endang.*

 

Baca : BNN Ciamis Tes Urine Sopir Angkutan Lebaran