Wagub Uu Ingatkan Benturan Pancasila dan Khilafah

Minggu, 02 Juni 2019 13:21 Ahmad Mukhlis Provinsi

Wagub Uu Ingatkan Benturan Pancasila dan Khilafah


Koropak.co.id - Puncak Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Ciamis dipusatkan di Alun-alun Ciamis, Sabtu (1/6/2019). Upacara kali ini terasa istimewa karena dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum. Kehadiran orang nomor dua di Jawa Barat tersebut meneguhkan arti pentingnya Pancasila dalam konteks ke depan.

"Pancasila adalah hasil kesepakatan para pendiri bangsa yang sudah final. Pada proses perumusan awal, ada kontribusi umat Islam yang diwakili para kiyai dan ulama. Pasti yang namanya ulama tingkat keimanan dan takwanya tinggi. Mereka pasti istikharoh dan munajat saat menyepakati Pancasila sebagai dasar negara," ujar Wagub Uu, kepada Koropak usai upacara Hari Lahir Pancasila.

 

Koropak.co.id - Wagub Uu Ingatkan Benturan Pancasila dan Khilafah (2)

 

 

Baca : Gubernur Janjikan Prioritas Bantuan Anggaran



Menurut Uu, Pancasila sebagai ideologi bangsa bagaikan gelas putih yang bisa diisi dengan nilai kebangsaan dari semua suku dan agama. Oleh sebab itu, jangan lagi berdebat ideologi tapi bagaimana menjadikan Pancasila sebagai spirit kemajuan bangsa.

"Jangan benturkan Pancasila dengan Islam dan atau agama lainnya. Lima sila itu selalu cocok dihayati oleh agama apapun, tinggal bagaimana kita membawa nilai agama itu menjadi norma hidup berbangsa. Jadi jangan membongkar kembali Pancasila tanpa mengenal sejarah para pendiri bangsa," ujar Uu.

Menyoal pihak yang membenturkan khilafah dengan Pancasila, Uu mengatakan, khilafah itu system wilayah yang pernah hidup selama ratusan tahun di dunia Islam. Khilafah sudah lahir ribuan tahun sebelum ada Indonesia,jadi kala itu belum ada konsep kenegaraan.

 

 

Koropak.co.id - Wagub Uu Ingatkan Benturan Pancasila dan Khilafah (3)

 

Baca : Tampung Masukan Pemprov Jabar Buka Warna Jabar

 

"Jadi khilafah tidak ada kaitan dengan Pancasila, sebab Pancasila lahir hasil ijtihad para pendiri bangsa setelah Khilafah Turki Ustmani runtuh 1924 oleh gerakan Kemal Pasha Al Tarturk. Pancasila produk asli pemikiran para pendiri bangsa yang terbaik untuk menata kehidupan berbangsa," ujar Uu.

Menurut Uu, hari lahir Pancasila harus menjadi momentum untuk membangun bangsa menjadi lebih maju agar sejajar dengan bangsa lain. Sudah bukan zamannya berdebat dan saling menyalahkan sesama anak bangsa.

"Kita jangan mau diajak kembali ke masa silam mempersoalkan ideologi yang sudah final. Kapan majunya kalau kita selalu perang ideologis, padahal Pancasila membuka ruang bagi kita untuk memajukan bangsa," ujar Uu.*

 

Baca : Wagub Jabar Harapkan UMKM Berkembang

 


Berita Terkait