Dewan Harapkan Predikat WTP Konsisten Dipertahankan

Senin, 10 Juni 2019 20:15 Eris Kuswara Parlemen

Dewan Harapkan Predikat WTP Konsisten Dipertahankan


Koropak.co.id - DPRD Kota Tasikmalaya menggelar Rapat Paripurna ke-4 Pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pembahas tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Pemerintah Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018, yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (10/6/2019).

Setelah Rapat Paripurna diskorsing selama 10 menit, terbentuklah Pansus Pembahas LHP BPK Kota Tasikmalaya Tahun Anggaran 2018 dengan susunan Ketua Pansus H Enjang Belawini, Wakil Ketua Dodo Rosada serta Sekretaris Wahid.

Dijumpai Koropak setelah Rapat Paripurna, Ketua Pansus, H Enjang Bilawini mengatakan sesuai dengan Tata Tertib DPRD Kota Tasikmalaya serta aturan yang ada maka dalam rapat paripurna kali ini ditetapkan struktur pimpinan Pansus untuk membahas LHP BPK meskipun hasilnya sudah diketahui dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 

Koropak.co.id - Dewan Harapkan Predikat WTP Konsisten Dipertahankan (2)

 


Baca : Dewan Bentuk Pansus Pembahas LHP BPK


"Meskipun hasilnya sudah diketahui, namun tidak menutup kemungkinan tetap kami akan membuka, memeriksa serta meminta keterangan dari Pemkot Tasikmalaya tentang satu sisi keberhasilan pemerintah daerah yang mendapatkan predikat WTP karena pasti ada saja catatan-catatan kecil dari BPK yang menurut penilaian mereka tidak sesuai," kata H Enjang.

Ditambahkan H Enjang, DPRD Kota Tasikmalaya juga akan meminta Pemkot Tasikmalaya untuk mendalami serta memaparkan sejauh mana secara umum keberhasilan pembangunan dan tata kelola administrasi, anggaran serta aspek-aspek pemerintahan di lingkup pemerintah selama 1 tahun kebelakang.

 

Koropak.co.id - Dewan Harapkan Predikat WTP Konsisten Dipertahankan (3)

 

Baca : Rapat Paripurna Jadi Momentum Halal Bihalal

"Kami berharap ke depannya akan tetap bisa mempertahankan predikat WTP yang merupakan predikat paling tertinggi menurut versi BPK. Selain predikat WTP, diharapkan pula bisa dibarengi dengan tata kelola pelayanan pemerintah kepada masyarakat yang optimal," ucapnya.

Terkait catatan-catatan kecil, H Enjang menuturkan, DPRD Kota Tasikmalaya akan melihat terlebih dahulu urgensinya apakah berada di bidang administrasi, tata kelola anggaran, tata kelola pemerintahan nanti kita lihat dulu catatan dari BPK tersebut.*


Lihat : DPRD Beri Catatan WTP Kota Tasikmalaya