Begini Penyebab Duel Berujung Maut di Tasikmalaya

Senin, 10 Juni 2019 23:33 D. Farhan Kamil Daerah

Begini Penyebab Duel Berujung Maut di Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Burhanudin (23) hanya bisa tertunduk lesu saat dihadirkan penyidik Satuan Reserse dan Kriminal Polres Tasikmalaya di hadapan para wartawan saat menggelar konferensi pers, Senin (10/6/2016). Ia ditetapkan sebagai tersangka tewasnya Ichsan Bin Hendi (27) alias Aan warga Kampung Ciemboh Desa Sukaharja Kecamatan Sariwangi Kabupaten Tasikmalaya, setelah duel alot dalam kondisi mabuk miras oplosan, Sabtu (8/6/2016) dini hari.

Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra mengatakan, pelaku dan korban merupakan teman dekat dan sepermainan. Korban dan pelaku serta satu temannya memutuskan berpesta miras oplosan yang terdiri dari Alkohol 70% dicampur dengan minuman berenergi.

Awal kejadian perkelahian berujung maut tersebut tutur Dony, terjadi Jumat (7/6/2019 ) pukul 23.30 ketika Burhanudin bersama temannya, Soni Susanto membeli alkohol 70 persen sebanyak lima botol dan mencampurnya dengan minuman berenergi.

Kemudian datang korban yang juga ikut minum di rumah mertua Burhanudin di Kampung Cibatu Desa Sukaharja. Sabtu dini hari sekitar pukul 01.30, ketiganya keluar rumah untuk mencari angin. Pada saat itu Burhan dan Aan berboncengan satu motor menggunakan motor Yamaha Vixion sedangkan Soni menggunakan Honda Revo.

"Perkelahian berawal dari cekcok antara Burhanudin dengan Aan saat di sepeda motor. Dari pengakuan pelaku dia tidak terima dengan kata-kata kasar korban karena dirinya terlalu kencang mengendari motor milik korban," kata Dony.

 

Koropak.co.id - Begini Penyebab Duel Berujung Maut di Tasikmalaya

 

Baca pula : Paman dan Ponakan Terlibat Duel Maut

 

Karena keduanya dalam pengaruh alkohol, mereka kemudian berhenti di dekat Saluran Irigasi Sungai Curug Luhur untuk berduel. Dan pada saat berkelahi Aan jatuh dan tercebur ke saluran irigasi.

Sedangkan Burhanudin berhasil selamat karena saat mau tercebur ke irigasi tangannya masih bisa berpegangan ke tembok irigasi dan rumput. Soni yang datang terlambat memegang tangan pelaku dan menariknya ke darat.

"Setelah dilakukan pencarian, pada hari itu juga korban ditemukan mengambang di Saluran Irigasi Sungai Curug Luhur dalam kondisi sudah tidak bernyawa. Kita langsung menciduk Burhanudin di rumahnya. Sementara Soni saat ini statusnya masih sebagai saksi," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Begini Penyebab Duel Berujung Maut di Tasikmalaya (2)

 


Baca : Duel Berujung Maut Warnai Lebaran


Ditambahkan, penyebab sementara kematian korban meninggal karena tenggelam. "Kita pastikan penyebab kematiannya setelah otopsi." Senin (10/6/2019) ini kita lakukan otopsi, untuk mengetahui secara pasti penyebab kematian korban. Apakah sudah meninggal dulu kemudian tercebur ke saluran irigasi atau meninggalnya karena tenggelam, kita masih tunggu hasil otopsi di RSUD dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya,” tutur Dony.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Tasikmalaya AKP Pribadi Atma menyebutkan, selain pelaku, sejumlah barang bukti turut diamankan seperti satu pasang sendal jepit milik tersangka, satu pasang sandal milik korban dan satu handphone milik korban yang ditemukan di Saluran Irigasi Sungai Curug Luhur.

"Pelaku dijerat dengan pasal 351 KHU Pidana tentang penganiayaan berujung kematian junto pasal 184 tentang perkelahian tanding dengan ancaman lima tahun penjara dan maksimal 12 tahun penjara," kata Pribadi.*

Baca : Ini Dia Pengakuan Pelaku Duel Berujung Maut

 

 

 


Berita Terkait