Memprihatinkan, Kecamatan Jatiwaras Daerah Tertinggal

Rabu, 12 Juni 2019 12:26 D. Farhan Kamil Daerah

Memprihatinkan, Kecamatan Jatiwaras Daerah Tertinggal


Koropak.co.id - Ketua Pengurus Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jatiwaras Kabupaten Tasikmalaya, Iim Ali Ismail mengaku prihatin dengan kondisi Kecamatan Jatiwaras yang dinilai saat ini masih jauh tertinggal dari kecamatan-kecamatan lainnya di Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satunya adalah belum adanya Kantor Mapolsek dan Koramil. Padahal kedua institusi tersebut menjadi sangat krusial bagi sebuah wilayah administrasi kecamatan. Tidak hanya itu, Letak geografis kantor kecamatan Jatiwaras pun posisinya sangat memprihatinkan. Senasib dengan Kantor Urusan Agama (KUA) yang berada di atas tebing sehingga letaknya sangat tidak strategis padahal keberadaannya sangat erat kaitan dengan urusan pelayanan masyarkat.

"Jatiwaras ini dihuni oleh sedikitnya 40 ribu jiwa yang tersebar di 11 desa. Kita berharap Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya hadir dan segera menata serta melakukan perubahan demi kemajuan Jatiwaras yang lebih baik ke depan," kata Iim kepada Koropak seusai menggelar kegiatan halalbihalal dengan para ketua OKP se-Kecamatan Jatiwaras di Madrasah Al Firdaus Kampung Pasirparigi Desa Ciwarak, Selasa (11/6/2019).

 

Koropak.co.id - Memprihatinkan, Kecamatan Jatiwaras Daerah Tertinggal (2)

 

Baca : KNPI Kabupaten Tasikmalaya Gaet MUI Bereskan Pemuda

 

Ditambahkan Iim yang juga Pengurus LKBH Pergunu Jawa Barat ini, Kecamatan Jatiwaras ke depan harus mampu mensejajarkan diri dengan kecamatan-kecamatan lain yang lebih maju. Maka fasilitas pelayanan publik seperti salah satunya dengan adanya kantor Mapolsek mandiri alias terpisah dari kecamatan lain.

"Saat ini, Polseknya masih menginduk ke kecamatan lain sehingga cukup memberatkan masyarat Jatiwaras untuk menjangkau dan mendapat pelayanan karena jaraknya cukup jauh," ucapnya.

 

Baca : KNPI Antara Dosa Sejarah dan Harapan Perbaikan Bangsa

 

Untuk itu kata Iim, diharapkan sesegera mungkin di Jatiwaras disiapkan lokasi strategis untuk dibangunkan komplek perkantoran, pasar rakyat, masjid agung, Puskesmas dan KUA.

"Saya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Jatiwaras untuk bersatu, bahu membahu serta memiliki harapan yang sama untuk disuarakan kepada pemilik kebijakan di negeri ini. Sehingga Jatiwaras memiliki fasiltas publik yang strategis dan terjangkau dengan mudah serta nyaman," tuturnya.

Hal senada dikatakan Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Sumarna, SE. Keterwujudan fasilitas pelayanan publik yang strategis dan mudah terjangkau masyarakat menjadi salah satu faktor pemicu kemajuan pembangunan di suatu daerah termasuk Jatiwaras ini.

"Kita sangat mendukung terhadap apa ya disampaikan ketua PK KNPI Jatiwaras. Mudah-mudahan didengar pemerintah daerah dan segera direalisasikan," kata Nana.*

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Banyak Kemajuan Inilah Faktanya

 


Berita Terkait