Pemohon Membeludak, di Kabupaten Tasikmalaya Blanko KTP-el Nihil

Rabu, 12 Juni 2019 12:59 D. Farhan Kamil Daerah

Pemohon Membeludak, di Kabupaten Tasikmalaya Blanko KTP-el Nihil

 

Koropak.co.id - Hari kedua aktivitas perkantoran di Pemkab Tasikmalaya, jumlah pemohon KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya mengalami peningkatan dibanding hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama Idulfitri 1440 Hijriah.

Para pemohon KTP-el ini nampak mengantri memadati ruang pelayanan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (11/6/2019), meskipun untuk melayani pemohon KTP-el ini, pihak dinas hanya bisa mengeluarkan surat keterangan (Suket) pengganti KTP-el.

"Pada hari Hari Senin tidak terlalu membeludak seperti ini, kira-kira ada sekitar 50 orang pemohon KTP-el. Untuk hari ini, kita mencatat sampai dengan jam 11.00 WIB ada sekitar 200 orang pemohon KTP-el. Semua akan kita layani sampai jam 15.00 WIB meskipun kita baru bisa mengeluarkan Suket," kata Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk (Dafduk) Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tasikmalaya, Hj. Winy.

 

Koropak.co.id - Pemohon Membeludak, di Kabupaten Tasikmalaya Blanko KTP-el Nihil (2)

 

Menurutnya, para pemohon KTP-el ini adalah mereka yang hendak ke luar kota dan ada juga sebagian yang akan ke luar negeri. Di samping penduduk yang memang pemohon baru dan memerlukan KTP-el untuk keperluan mengurus dokumen lainnya.

"Mereka yang sudah memegang Suket ini, tinggal menggantikan dengan KTP-el jika blankonya sudah tersedia. Mudah-mudahan akhir Juni ini sudah ada blanko," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, H. UU Saeful Uyun, S.Sos mengatakan, secara nasional perekaman KTP-el di Kabupaten Tasikmalaya ini masuk pada kategori tertinggi dalam perekaman.

 

Koropak.co.id - Pemohon Membeludak, di Kabupaten Tasikmalaya Blanko KTP-el Nihil (3)

 

Baca : Ini Dia Pengakuan Pelaku Duel Berujung Maut

Menurutnya, diperkirakan tersisa 0,2 persen dari 1,2 jiwa penduduk wajib KTP-el di Kabupaten Tasikmalaya yang belum memiliki KTP-el.

"Di akhir bulan April lalu, kita melakukan penyisiran di beberapa daerah dengan kepadatan penduduknya tinggi seperti di Ciandum Kecamatan Cipatujah, tetapi tidak satupun yang melakukan perekaman karena sudah memiliki KTP-el. Demikian pula di Desa Bantarkalong Cipatujah, hanya ada 15 orang yang kita rekam itupun rata-rata warga yang sudah lanjut usia yang kita jemput langsung," tutur Uu.

Ditambahkan, dalam rangka menjunjung tinggi kepatuhan terhadap aturan, pihaknya telah mengusulkan ke Kepala Dinas dan Bagian Organisasi Setda Kabupaten Tasikmalaya, bahwa untuk perekaman yang selama ini ditangani di Bidang PIAK dialihkan ke Bidang Dafduk.

"Secara ketentuan dan ini berlaku nasional, perekaman itu berada di bidang Dafduk. Jika ada kekuarangan dari sisi SDM, kita tentunya siap bantu. Intinya SOTKnya dibenerin dulu sesuai aturan," ujarnya.*

 

Baca : Bupati Tasikmalaya Angka Kemiskinan Masih Tinggi

 


Berita Terkait