Penanaman 1.000 Bibit Pohon Kembalikan Ekosistem Alam

Minggu, 16 Juni 2019 20:51 Erni Nur'aeni Desa

Penanaman 1.000 Bibit Pohon Kembalikan Ekosistem Alam


Koropak.co.id - Banyaknya bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah, salah satunya diakibatkan oleh penebangan pohon sembarangan, yang tidak dibarengi dengan upaya penanaman kembali. Melihat kondisi tersebut, Karang Taruna Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya melaksanakan penanaman 1.000 bibit pohon di Kampung Cilendek, Kelurahan Kotabaru, Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Minggu (16/6/2019).

Ketua Karang Taruna Kecamatan Cibeureum Abdul Wahab Nursyamsi mengatakan, penghijauan tersebut merupakan bagian dari program rutin Karang Taruna setiap tahun untuk menghijaukan daerah-daerah yang ada di Kecamatan Cibeureum yang memiliki 9 kelurahan.

"Slogan kami "Pemuda Menanam Dewasa Memanen". Slogan tersebut menjadi spirit kami bahwa apa yang kami lakukan bertujuan untuk mengembalikan ekosistem dan sehingga meminimalisasi terjadinya banjir," ujar Abdul.

 

Koropak.co.id - Penanaman 1000 Bibit Pohon Kembalikan Ekosistem Alam (2)


Baca : Pentingnya Peringatan Hari Sejuta Pohon di Kabupaten Tasikmalaya


Kata Abdul, pohon yang ditanam berupa bibit pohon Albasia Merah. Ke depan, pohon tersebut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat serta Karang Tarunanya sendiri sebagai investasi tabungan atau kas.

"Kami berharap dengan kegiatan rutin tersebut memberikan pelajaran kepada generasi muda untuk menjaga ekosistem sehingga lingkungan dapat terjaga, dan terhindar dari bencana alam, sekaligus mempersiapkan pemuda yang cinta akan alam," katanya.*

 

Baca : Pemuda Ciamis Cabut Paku di Pohon