Dewan Sampaikan Raperda Ketahanan Keluarga

Senin, 17 Juni 2019 19:50 Eris Kuswara Parlemen

Dewan Sampaikan Raperda Ketahanan Keluarga


Koropak.co.id - Dalam Rapat Paripurna Penyampaian 3 Buah Raperda yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (17/6/2019) Anggota Pengusul Rapera Ketahanan Pangan, Dede S.IP menyampaikan Raperda Usul Prakarsa DPRD Kota Tasikmalaya tentang Ketahanan Keluarga, berisikan kaidah-kaidah dalam penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga yang berdasarkan pada 6 asas.

"Penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga berdasarkan 6 asas yakni asas norma agama, keadilan, kemanusiaan, manfaat, perlindungan dan partisipatif. Maksud penyelenggaraannya adalah untuk mewujudkan dan meningkatkan kemampuan, kepedulian serta tanggung jawab pemerintah daerah, keluarga, masyarakat dan dunia usaha," kata Dede kepada Koropak selepas Rapat Paripurna.

 

Koropak.co.id - Dewan Sampaikan Raperda Ketahanan Keluarga (2)

 

Baca : Retribusi Pasar Rakyat Akan Jadi Retribusi Jasa Umum

 

Ditambahkan Dede, penyelenggaraan ketahanan keluarga dilaksanakan dengan tujuan menciptakan dan mengoptimalkan keuletan serta ketangguhan keluarga dalam pembangunan ketahanan keluarga. Sementara untuk tujuannya sendiri yakni menjamin terwujudnya keluarga ynag religius, sejahtera, berbudaya dan modern.

"Tujuan lainnya adalah melaksanakan proses pendidikan dalam keluarga, mendukung pencapaian visi dan misi pembangunan daerah, menerapkan nilai-nilai Kota Tasikmalaya yang religius dalam kehidupan berkeluarga dan mendukung upaya kerjasama dan sinergitas para pemangku kepentingan terkait dengan pembangunan ketahanan keluarga," ucapnya.

Dede menambahkan, Raperda juga bertujuan untuk mendukung penguatan fungsi keluarga, menjamin peningkatan akses pemenuhan ketahanan keluarga dan menjamin peningkatan akses terhadap pendampingan keluarga.

"Adapun untuk ruang lingkup Raperda tersebut, meliputi penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga sendiri meliputi fungsi dan tanggung jawab keluarga, perencanaan, pelaksanaan, wali anak dan pengampunan, lembaga, koordinasi, kerjasama, sistem informasi serta pembinaan, pengawasan dan evaluasi," ujarnya.*

 

Baca : Dewan Setujui Raperda Ketahanan Keluarga