Keluarga Berperan Dalam Pembangunan Makro

Senin, 17 Juni 2019 20:17 Clara Aditia Parlemen

Keluarga Berperan Dalam Pembangunan Makro


Koropak.co.id - Sesuai dengan prosedur, Raperda Usul Prakarsa Anggota DPRD tentang Ketahanan Pangan telah melalui berbagai tahapan, mulai dari usulan, kemudian dikaji oleh Badan Pembentukan Perda (Bapemperda), dan diusulkan untuk disahkan menjadi Raperda Usul Prakarsa DPRD Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan Anggota Bapemperda sekaligus Anggota DPRD Pengusul Raperda Ketahanan Keluarga, Dodo Rosada saat dijumpai Koropak selepas Rapat Paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (17/6/2019).

"Jika kita melihat, perkembangan sosial di Kota Tasikmalaya semakin hari semakin ada dekadensi moral. Oleh sebab itu perlu ada upaya untuk melakukan pembinaan di ruang lingkup keluarga. Termasuk salah satu upayanya melalui diterbitkannya Raperda tentang Ketahanan Keluarga ini," katanya.

Dikatakan Dodo, sebagaimana telah diketahui bahwa pendidikan dimulai dari keluarga. Sudah terbangun proses pendidikan dan pembinaan oleh ayah dan ibu dalam kehidupan berkeluarga, yang akan terbawa sampai dewasa.

"Atas dasar itulah kami sangat mengapresiasi para pengusul lahirnya Raperda tentang Ketahanan Keluarga. Sebab, Allah SWT berfirman Kuu Anfusakum Wa ahliikum naaro, artinya jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Keluarga Berperan Dalam Pembangunan Makro (2)

 

Baca : Dewan Setujui Raperda Ketahanan Keluarga

 

Ditambahkan Dodo, peran keluarga dalam aspek pembangunan sangat penting. Pembangunan makro tidak akan terwujud jika pendidikan dalam keluarga belum terbangun.

"Peran aktif masyarakat dalam pembangunan sangat besar. Bagaimana akan membangun daerah jika di lingkup keluarga belum bisa membangun ahlak moral," tutur Dodo.

Adanya Raperda tersebut, ucap Dodo, menjadi upaya untuk mengimplementasikan keluarga yang harmonis sejahtera, yang tidak kekurangan sandang, pangan dan papan.

"Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat. Raperda ini menjadi koridor bagaimana terciptanya situasi dalam keluarga yang penuh kehangatan dan keharmonisan, tentang bagaimana terciptanya keluarga yang sakinah, mawadah, warohmah," kata Dodo.*

 

Baca : Kesejahteraan Berasal dari Ketahanan Keluarga