Pemerintah Tak Punya Dana Cadangan Untuk Pilkada

Senin, 17 Juni 2019 22:30 D. Farhan Kamil Daerah

Pemerintah Tak Punya Dana Cadangan Untuk Pilkada


Koropak.co.id - Menjelang pelaksanaan tahapan Pilkada Kabupaten Tasikmalaya tahun 2020, yang rencananya akan dimulai pada bulan September 2019 nanti, Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya akan segera membahas seluruh kebutuhan penyelenggaraan Pilkada oleh pihak penyelenggara Pemilu baik KPU maupun Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya.

"Dikarenakan tahapan Pilkada ini sudah akan dimulai menjelang semester kedua di tahun 2019, kita sudah harus mulai melakukan pembahasan kebutuhan pembiayaannya sebagaimana yang telah diusulkan KPU dan Bawaslu," kata Plt Kepala Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Dr. H. Iwan Saputra, M.Si, seusai memimpin rapat kerja dengan TAPD di Kantor Bappeda Kabupaten Tasikmalaya, Senin (17/6/2019).

Pihaknya akan segera mengundang KPU dan Bawaslu termasuk TAPD untuk memaparkan pengajuan anggaran yang sudah diusulkan melalui proposal.

"Kalau tahapan sudah dimulai, maka wajib dibiayai. Maka sesuai ketentuan harus dianggarkan dalam APBD," kata Iwan.

 

Baca : Hari Jadi ke-387 Kabupaten Tasikmalaya Harus Beda

Diakuinya, Pemkab Tasikmalaya tidak memiliki dana cadangan untuk pelaksanaan Pilkada 2020. Padahal idealnya pemerintah ini sudah memiliki dana cadangan untuk pelaksanan Pilkada pada APBD 2019.

"Sehingga untuk menutupi kebutuhan penyelenggaraan Pilkada baik untuk KPU maupun Bawaslu, harus dianggarkan di APBD perubahan 2019 secara bertahap dan APBD murni 2020. Maka dari itu hari ini soal anggaran Pilkada sudah mulai dibahas dan keputusan akhirnya nanti berada di DPRD dan Bupati," tuturnya.

Dijelaskan Iwan, pihaknya sudah menghitung-hitung kebutuhan anggaran Pilkada berdasarkan pengajuan.

"Nanti akan kita bahas bersama item per item agar terang benderang agar di akhir tidak ada masalah," ucapnya.*

 

Baca : PNS Kabupaten Tasikamlaya Jangan Ikut Merecoki

 


Berita Terkait