Indonesia Dijadikan Laboratorium Kajian Bencana

Rabu, 19 Juni 2019 22:00 Dede Hadiyana Nasional

Indonesia Dijadikan Laboratorium Kajian Bencana


Koropak.co.id - Banyak orang menyebut bahwa Indonesia adalah supermarket bencana. Akan tetapi, menurut Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Indonesia merupakan laboratorium bencana.

"Negara Indonesia memiliki berbagai jenis bencana terlengkap di dunia. Para peneliti dari luar negeri bisa belajar tentang kebencanaan di Indonesia," ujar Doni selepas pembukaan kegiatan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) 2019 di Sentul Bogor, Jawa Barat, Selasa (18/6/2019).

Dikatakan Doni, PIT riset kebencanaan merupakan hal yang sangat penting karena dapat menjadi ajang diskusi tentang konsep dan strategi kebencanaan mulai dari prabencana, tanggap darurat, hingga rehabilitasi dan rekonstruksi.

 

Koropak.co.id - Indonesia Dijadikan Laboratorium Kajian Bencana (1)

 

Baca : Tingkatkan Siaga Bencana Melalui Simulasi

 

"Pada tahap prabencana diharapkan para peneliti dan juga para ahli kebencanaan bisa memberikan masukan kepada pihak pemerintah tentang pembangunan sebuah sistem yang terhubung satu sama lain sehingga dapat meminimalisasi jumlah korban," kata Doni.

Diketahui sebelumnya, pertemuan yang digelar BNPB bersama Universitas Pertahanan dan Ikatan Ahli Kebencanaan Indonesia (IABI) tersebut bertujuan untuk meningkatkan budaya riset serta memberikan pemikiran secara komprehensif, holistik, dan sistematik dengan mengumpulkan para ahli kebencanaan.

"Dalam perjalanan selama tiga hari bersama sejumlah pakar kebencanaan, saya serap dan pelajari setiap potongan-potongan kalimat dari mereka tentang penanggulangan bencana sebagai bekal saya menjadi Kepala BNPB," ucap Doni.*

 

Baca : BNPB Kaji Inovasi Kebencanaan di Indonesia



Berita Terkait