Potensi Pasar Nila Gesit di Tasikmalaya Menjanjikan

Jum'at, 21 Juni 2019 13:44 D. Farhan Kamil Desa

Potensi Pasar Nila Gesit di Tasikmalaya Menjanjikan

 

Koropak.co.id - Pembina Koperasi Mina Mekar Sejahtera sebagai mitra Unit Pembenihan Rakyat (UPR) Bina Mekar (BM), Kampung Cinangsih Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya, Asep Kurniawan mengatakan, potensi usaha ikan Nila jenis Gesit yang dikembangkan UPR BM sangat menjanjikan untuk meningkatkan kesejahteraan sosial ekonomi masyarakat di Kabupaten Tasikmalaya.

Mulai dari proses pendederan dari bentuk larva hingga ukuran dua jari, kemudian proses pembesaran hingga dipasarkan, memerlukan metoda dan cara yang tidak menyulitkan bagi siapapun yang hendak mencoba mengembangkannya. Dengan catatan mengikuti SOP yang ditetapkan.

"Benih Nila Gesit dari UPR BM jelas bersertifikat. Kita sebagai koperasi yang bergerak dalam manajemen pengembangan usaha termasuk pemasarannya, ke depan akan merekrut seluruh petani ikan sekaligus pembeli benih ikan Nila ini menjadi anggota koperasi. Sehingga ketika koperasi ini berkembang maka keuntungannya kembali kepada anggota," kata Asep.

 

Koropak.co.id - Potensi Pasar Nila Gesit di Tasikmalaya Menjanjikan (1)

 


Baca : Kemajuan Digital Menunjang Perdagangan Pertanian


Diketahui, ikan Nila Gesit saat ini banyak disukai orang karena rasa dagingnya yang gurih dan kandungan proteinnya yang tinggi. Nila Gesit merupakan jenis unggulan super jantan karena 98-100 persen telur yang dihasilkannya, berjenis kelamin jantan.

"Nila jenis Gesit ini memiliki ketebalan daging yang bagus hanya dalam kurun waktu yang tidak lama dibanding dengan nila jenis lainnya. Wajar jika saat ini banyak petani yang memburu benih ikan nila Gesit ke UPR BM," ucapnya.*

 

Baca : Kualitas Koperasi Harus Diutamakan


Berita Terkait