Spirit Lestarikan Budaya di Hari Jadi Ciamis

Selasa, 25 Juni 2019 16:18 Clara Aditia Daerah

Spirit Lestarikan Budaya di Hari Jadi Ciamis


Koropak.co.id - Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ciamis, Drs. Didi Koesnadi M.Si menuturkan kegiatan Pameran Budaya dan Galuh Ethnic Carnival menjadi ajang ekpose potensi seni dan budaya Ciamis guna menggalang spirit bersama untuk menjaga dan melestarikannya.

"Pameran Kebudayaan dan Galuh Ethnic Carnival digelar di Alun-Alun Ciamis selama dua hari, dan akan berakhir pada Rabu (26/6/2019) besok," kata Didi saat membuka Galuh Ethnic Carnival, Senin (25/6/2019).

Dalam Galuh Ethnic Carnival, digelar sejumlah agenda seru, mulai dari helaran kesenian, pameran budaya, festival kesenian dan tradisi, serta pemutaran film bioling.

"Untuk helaran seni, digelar pawai dari Islamic Center Ciamis, Jalan Mr. Iwa Kusuma Somantri Ciamis, menuju Alun-Alun Ciamis. Helaran seni ini menjadi pembuka rangkaian kegiatan Galuh Ethnic Carnival," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Spirit Lestarikan Budaya di Hari Jadi Ciamis (3)

 

Digelarnya kegiatan seni dan budaya, kata Didi, menjadi suatu upaya pelestarian, pengembangan, dan pembinaan SDM kebudayaan sesuai dengan potensi yang ada di wilayah Kabupaten Ciamis yang beraneka ragam.

"Event ini menjadi media bagi kami untuk mempublikasikan objek kebudayaan Ciamis sesuai potensi daerah, dengan tujuan mengetahui dan mengekspose kemajuan kebudayaan Ciamis," ucapnya.

Dalam kegiatan helaran seni, kata Didi, selain penampilan seni budaya khas Ciamis, juga turut ditampilkan kesenian dari Kabupaten Bandung Barat, Indramayu, Karawang, Garut, Purwakarta, dan Kota Banjar.

Salah seorang pengisi stand dari Kampung Kuta, Dadang menuturkan Pameran Budaya tahun ini ramai. Banyak yang berdatangan dan membeli kerajinan tangan ciri khas Ciamis.

"Sekarang apalagi anak-anak sekolah sedang libur jadi makin ramai orang yang sengaja berkunjung untuk melihat-lihat dan membeli," ujarnya.*

 

Baca : Sambut Hari Jadi Ciamis, Bupati Gelar Ngopi Bareng

 


Berita Terkait