Suhu Dingin Dirasakan di Beberapa Daerah di Indonesia

Kamis, 27 Juni 2019 19:21 Eris Kuswara Nasional

Suhu Dingin Dirasakan di Beberapa Daerah di Indonesia


Koropak.co.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan cuaca atau suhu dingin yang dirasakan masyarakat di Jawa Timur maupun di beberapa daerah lainnya di Indonesia merupakan fenomena yang biasa terjadi menjelang musim kemarau tiba.

Dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (27/6/2019) Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda, Teguh Tri Susanto mengatakan, cuaca dingin dan angin kencang akan terjadi pada bulan Juni hingga Agustus 2019.

Hal itu menyebabkan curah hujan menurun, namun menyisakan hujan lokal di dataran tinggi atau pegunungan saja. Kemudian suhu yang terjadi pada siang hari pun akan cenderung kering dan panas, namun pada malam hari menjadi dingin hingga puncaknya terjadi pada dini hari.

"Secara umum kondisi cuaca di Jawa Timur akan panas dan kering pada siang hari, namun pada malam hingga pagi hari akan bersifat dingin. Bahkan masyarakat menyebutkan kondisi ini dengan istilah 'bediding'," kata Teguh.

 

Koropak.co.id - Suhu Dingin Dirasakan di Beberapa Daerah di Indonesia (4)

 

Baca : Mengintip Sitinjau Lauik, Tikungan Maut di Sumatera Barat

Ditambahkan Teguh, fenomena ini disebabkan pada saat musim kemarau akan berhembusnya angin muson timur ke tenggara yang membawa massa udara dari Benua Australia yang bersifat kering dan dingin. Selain itu, suhu dingin tersebut juga terjadi karena pada saat musim kemarau, bumi cenderung cerah dan tidak berawan.

"Inilah yang menyebabkan radiasi panas matahari yang diterima bumi, dapat langsung dipancarkan kembali ke luar angkasa tanpa tertutup awan pada malam harinya. Kami menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dengan tingginya gelombang laut, dan angin kencang yang bersifat lokal di daerah Pasuruan dan Probolinggo," ucapnya.

Diketahui, udara dingin yang dirasakan hingga saat ini ternyata tidak hanya dirasakan di Pulau Jawa saja, melainkan di berbagai wilayah lainnya di Indonesia seperti Bali, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT).*

 

Baca pula : Indonesia Dijadikan Laboratorium Kajian Bencana

 


Berita Terkait