BP2IP Tangerang Bentuk Karakter Taruna Tangguh dan Kompeten

Jum'at, 28 Juni 2019 10:11 Dede Hadiyana Nasional

BP2IP Tangerang Bentuk Karakter Taruna Tangguh dan Kompeten


Koropak.co.id - Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang tidak hanya fokus dalam pembekalan pendidikan kemaritiman, namun juga turut mengutamakan pembentukan karakter taruna taruninya.

Pembentukan karakter menjadi salah satu titik fokus BP2IP Tangerang dalam menyiapkan peserta didiknya agar dapat menjadi SDM kompeten sesuai kebutuhan dunia kerja saat ini. Terlebih, demi mencapai tujuan BP2IP Tangerang dalam memacu lulusannya agar siap bersaing dan memenuhi kebutuhan SDM dunia pelayaran di Tanah Air.

Dijumpai Koropak selepas kegiatan Motivation Training dan Family Gathering BP2IP Tangerang di Ballroom Hotel Grand Mercure Setiabudi Bandung Jawa Barat, Sabtu (22/6/2019) Kepala BP2IP Tangerang, Joni Turiska, ST, M.Si, M.Mar.E menuturkan character building sangat penting dalam menyiapkan SDM berkualitas, sebab disiplin ilmu haruslah senantiasa diimbangi dengan disiplin karakter.

"Nantinya individu tersebut akan senantiasa berdisiplin diri, yang dapat memberikan dampak positif baginya saat ia memasuki dunia kerja," katanya.

 

 

www.koropak.co.id - BP2IP Tangerang Bentuk Karakter Taruna Tangguh dan Kompeten

 

Baca : Poltekpel Banten Buka Jurusan Manajemen Transportasi Laut

Dikatakan Joni, pembentukan karakter tidak hanya disiapkan BP2IP Tangerang bagi taruna calon SDM kelautan saja, namun juga bagi calon SDM di otoritas pelabuhan seiring dengan jurusan baru yang dimiliki BP2IP Tangerang, yakni Manajemen Transportasi Laut (MTL).

"Jurusan MTL merupakan jurusan baru seiring dengan transformasi BP2IP Tangerang menuju Politeknik Ilmu Pelayaran Banten. Jurusan tersebut terkonsentrasi pada penyiapan SDM kompeten untuk bidang manajemen pelabuhan, yang akan mengelola sistem di pelabuhan dan akan bertugas sebagai Aparatur Syahbandar atau otoritas pelabuhan," ucap Joni.

Ditambahkan Joni, untuk tahun akademik 2019, pada program MTL, BP2IP Tangerang atau Politeknik Ilmu Pelayaran Banten akan membuka 2 kelas yakni Diploma III Teknika dan Nautika Manajemen Transportasi Laut (MTL).

"Kompetensi jurusan tersebut melengkapi dua kompetensi jurusan yang telah berjalan sebelumnya, yakni Diklat Pelaut (DP) III dan Diklat Pelaut (DP) IV pada Nautika dan Teknika," tutur Joni.*

 

Baca pula : Sambut Transformasi BP2IP Tangerang Menuju Politeknik Banten