Dari Tasikmalaya, Enam Bait Stanza Untuk Indonesia

Rabu, 03 Juli 2019 19:13 Clara Aditia Nasional

Dari Tasikmalaya, Enam Bait Stanza Untuk Indonesia


Koropak.co.id - Budayawan sekaligus Penyair yang menjadi wakil Kota Tasikmalaya di ajang Pertemuan Penyair Nusantara (PPN) XI yang digelar di Hotel Griptha dan Menara Kudus Jawa Tengah akhir Juni 2019, Bode Riswandi mengaku bahagia bisa bersua dengan para penyair se-Nusantara di ajang PPN XI tersebut.

Dikonfimasi Koropak, Rabu (3/7/2019), Bode menceritakan uraian agenda selama pelaksanaan PPN XI di Kudus. Dalam rangkaian acara, di Menara Kudus berlangsung pembacaan puisi. Beberapa penyair didaulat membaca puisinya di panggung tersebut.

"Saya menjadi salah satu yang didaulat untuk membacakan puisi. Tentu ini pengalaman berharga, lantaran di malam itu bisa satu panggung dengan para begawan kesusastraan seperti Mustofa Bisri (Gus Mus), Sutardji Calzoum Bachri, dan D. Zawawi Imron. Malam itu saya bacakan puisi saya berjudul 'Enam Bait Stanza Untuk Indonesia'," katanya.

 

Koropak.co.id - Dari Tasikmalaya, Enam Bait Stanza Untuk Indonesia (1)

 

Baca : Kota Tasikmalaya Masuk Dalam Pertemuan Penyair Nusantara

PPN XI Kudus ini, kata Bode, sungguh luar biasa. Selain bertemu dengan penyair yang sudah dikenal, juga turut berjumpa juga dengan para penyair baru. Dari mereka, didapat banyak informasi tentang perkembangan sastra di daerah masing-masing.

"Hal yang paling membuat takzim, masyarakat di sekitar Menara Kudus tumpah ruah, bahkan sampai rela menggelar tikar untuk menyaksikan pembacaan puisi," kata Bode.

 

Koropak.co.id - Dari Tasikmalaya, Enam Bait Stanza Untuk Indonesia (2)

 

Baca : Kupas Novel Jais Darga Berikan Kesan Bermakna

 

Melihat Kudus, ucap Bode, sebagai kota kecil yang mampu melaksanakan event, membuat dirinya bangga namun cemburu. Bode berandai sekaligus berharap Kota Tasikmalaya berkesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan PPN berikutnya.

"PPN dua tahun berikutnya akan berlangsung di Malaysia, jadi siapapun sebenarnya punya kesempatan yang sama untuk ikut serta, dengan syarat mengirimkan karya dan lolos kurasi. Jadi, ayo berlomba dalam karya," ucap Bode.*

 

Baca : Kota Tasikmalaya Saksi Dedikasi Putu Wijaya

 


Berita Terkait