Camat Sidak dan Monitoring Pemdes di Karangpawitan Garut

Sabtu, 06 Juli 2019 08:26 Dedi Sofwan Desa

Camat Sidak dan Monitoring Pemdes di Karangpawitan Garut

 

Koropak.co.id - Jajaran Forum Komunikasi Pimpinan (Forkopim) Kecamatan Karangpawitan melaksanakan inspeksi mendadak sekaligus monitoring terhadap seluruh desa dan kelurahan yang ada di wilayah Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Kamis (4/7/2019). Salah satu desa yang dikunjungi yakni Desa Situsaeur.

Pada kesempatan tersebut Camat Karangpawitan Rena Sudrajat bersama Kapolsek Karangpawitan Kompol Oon Suhendar, serta Danramil 1102/Karangpawitan Kapten Inf Deni Kusdani melaksanakan monitoring langsung terkait pengerjaan administrasi dan pelaksanaan fisik program pemerintah melalui desa.

"Sidak ini kami laksanakan untuk mengetahui dan melihat langsung sampai sejauh mana pengerjaan administrasi desa sekaligus program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan fisik, termasuk sampai sejauh mana perolehan Pajak Bumi dan Bangunan (PPB) yang dilaksanakan oleh setiap petugas collektor desa," ucap Rena, Jumat (05/07/2019).

 

Koropak.co.id - Camat Sidak dan Monitoring Pemdes di Karangpawitan Garut (2)

 

Baca : Desa Tanjungsari di Garut Prioritaskan Infrastrustur Kewilayahaan

 

Dikatakan Rena, dalam tersebut, pihaknya juga melakukan pembinaan dan menyelesaikan permasalahan yang ditemui di lapangan.

"Khusus untuk PBB, saat ini kami sedang melaksanakan program 'Satu Hari Sepuluh SPPT' (Sasapu). Program ini dilaksanakan dalam rangka percepatan pelunasan PBB," lanjutnya.

Menurut Rena, mengemban amanah sebagai camat sudah menjadi kewajibannya untuk sering terjun ke lapangan agar bisa mengetahui secara langsung progres program pemerintah yang dilaksanakan oleh desa maupun kelurahan, mulai pengerjaan, perencanaan, hingga realisasi.

"Kami berharap sidak ini bisa meminimalisasi permasalahan dalam pelaksanaan pembangunan di wilayah kerja Kecamatan Karangpawitan," katanya.

Pada kesempatan tersebut Kapolsek Karangpawitan Kompol Oon Suhendar mengajak segenap pihak untuk bersama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Jangan sampai masyarakat cepat termakan oleh berita Hoax. Sebaiknya saring dulu informasi yang kita dapat dan bertabayyun," ujar Oon.

Kamtibmas, kata Oon dapat terwujud apabila pihak kepolisian mendapat dukungan dari masyarakat.  "Kami jajaran kepolisian tidak akan bisa melaksanakan Kamtibmas tanpa ada dukungan dari masyarakat," kata Oon, Jumat (05/07/2019).

 

Koropak.co.id - Camat Sidak dan Monitoring Pemdes di Karangpawitan Garut (3)

 

Baca : Banyak Kasus Hukum Menjerat Kepala Desa Bukti Lemahnya Pengawasan

 

Hal senada disampaikan Danramil 1102/Karangpawitan Kapten Inf Deni Kusdani memberikan arahan dan pembinaan terkait wawasan kebangsaan. Deni mengatakan agar perangkat desa beserta masyarakatnya selalu menumbuhkan rasa cinta Tanah Air dan kesadaran berbangsa serta bernegara.

"Kami akan terus menumbuhkan rasa patriotisme, nasionalisme di kalangan masyarakat khususnya generasi muda, dengan dibekali pengetahuan dan pemahaman terhadap 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD1945  Bhineka Tunggal Ika dan NKRI dengan tujuan untuk mempertahankan kedaulatan negara dari segala ancaman," tutur Deni.*

 

Baca pula : Aktifkan Kembali Tradisi Perelek Sebagai Eksistensi Gotong Royong