Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Akan Luncurkan KIA

Sabtu, 06 Juli 2019 18:57 D. Farhan Kamil Daerah

Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Akan Luncurkan KIA

 

Koropak.co.id - Momen hari jadi Kabupaten Tasikmalaya ke-387 tahun 2019, bakal menjadi hari istimewa khususnya bagi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya.

Pada tanggal 26 Juli 2019 nanti, Disdukcapil bakal mengeluarkan produk layanan teranyar yaitu Kartu Identitias Anak (KIA). Hal tersebut menurut Kepala Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya, H. Nazmudin, S.Sos., M.Si melalui Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data, H. Uu Saeful Uyun, S.Sos mengatakan, tentang KIA diatur di dalam Permendagri nomor 2 tahun.

"Insyaallah nanti tanggal 26 Juli 2019 kita launching KIA bersamaan dengan pelaksanaan rangkaian Hari Jadi Kabupaten Tasikmalaya," kata Uu, Sabtu (6/7/2019).

 


Koropak.co.id - Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Akan Luncurkan KIA (2)

 

Baca : Kini Anak Punya Kartu Identitas Sendiri


KIA terang Uu, akan memiliki peran penting dalam pengurusan administrasi anak terkait pendaftaran sekolah dan lainnya. NIK yang terdapat dalam KIA, nantinya akan digunakan sebagai single identity number (nomor identitas tunggal). Ketika mau masuk sekolah, nanti tidak akan memakai nomor induk siswa, tetapi cukup dengan NIK di KIA.

"KIA bisa dibuat ketika sudah mendapatkan Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga. Masyarakat dipersilahkan meminta KIA," ujarnya.

Lebih lanjut Uu menyebutkan, sejumlah daerah di Jawa Barat telah mengeluarkan KIA. Antara lain Kota Bandung dan Depok.

"Tahun ini kita baru dapat mengeluarkan KIA Plus dengan sumber anggaran dari Dana Alokasi Khusus pemerintah pusat. Hal ini pun dapat terselenggara karena ada torehan prestasi Pemkab Tasikmalaya yakni capaian akta kelahiran 0-18 tahun sudah melampaui target nasional," ujarnya dengan bangga.*



Baca : Miliki Kartu Identitas Anak Mudah dan Banyak Manfaatnya

 


Berita Terkait