Inilah Kronologi Penemuan Jenazah Thoriq di Selatan Gunung Piramid

Sabtu, 06 Juli 2019 21:39 Dede Hadiyana Nasional

Inilah Kronologi Penemuan Jenazah Thoriq di Selatan Gunung Piramid


Koropak.co.id - Seorang siswa SMPN 4 Bondowoso, Thoriq Rizki Maulidan yang hilang saat mendaki ke Gunung Piramid di Desa Ardisaeng Kecamatan Pakem Kabupaten Bondowoso Jawa Timur sejak Minggu (23/6/2019), berhasil ditemukan tim SAR Gabungan, Jumat (5/7/2019) kemarin sekitar pukul 15.30 WIB dalam kondisi tidak bernyawa.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari Tim SAR Wanadri, Gema Mahapeta Universitas Bondowoso (GMPT), Relawan Brigadir Penolong, dan Tim SAR Gabungan lainnya dengan niat ingin melaksanakan misi kemanusiaan serta masih memiliki harapan bahwa korban masih dapat ditemukan.

Dalam rilis Humas Wanadri, Tim SAR Susulan Wanadri berangkat pada Minggu (30/6/2019). Berbekal asa untuk bisa menemukan korban, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian dengan meminta izin terlebih dahulu kepada keluarga korban untuk kembali dilakukan pencarian.

 

Koropak.co.id - Inilah Kronologi Penemuan Jenazah Thoriq di Selatan Gunung Piramid (4)

 

Usai mendapat perizinan keluarga dan pemerintah setempat, tepatnya Rabu (3/7/2019) pencarian kembali dilakukan dengan izin keluarga korban dan instansi pemerintahan terkait. Keesokan harinya, Kamis (4/7/2019), Tim SAR Gabungan mulai bergerak untuk melakukan pencarian.

Salah seorang anggota Wanadri, Eko Wahyu Prasetyo mengatakan korban yang hilang tersebut telah ditemukan di Gunung Piramid di bagian selatan dengan kondisi sudah tidak bernyawa.

"Melihat dari terjalnya medan tempat ditemukannya korban, diduga korban terjatuh dan terperosok lalu tersangkut di batang pohon. Selanjutnya, korban dievakuasi mulai Sabtu (6/7/2019) pagi dengan bantuan tim evakuasi medan terjal yang sudah memiliki standar keamanan evakuasi," ujarnya.

 

Baca : Hilang 12 Hari, Thoriq Ditemukan di Hari Ulang Tahunnya

 

Sementara itu, Wakapolres Bondowoso, Kompol David Subagio menuturkan saat jenazah ditemukan, pihaknya bersama Tim SAR Gabungan meyakini jenazah yang ditemukan adalah Thoriq.

"Sembilan puluh persen kami meyakini jenazah yang kami temukan itu Thoriq. Meskipun butuh proses identifikasi terlebih dahulu untuk memastikan apakah itu benar-benar Thoriq atau bukan. Namun kalau melihat bajunya sama dengan yang digunakan korban terakhir, bahkan di dekat jenazah ditemukan hp Thoriq. Tetapi tetap kami menunggu hasil otopsi nantinya," ucap David.

Sebelumnya, Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bondowoso Kukoh Triyatmoko menyampaikan, kejadian hilangnya korban bermula ketika 4 orang pendaki berangkat naik menuju Gunung Piramid pada Minggu, (23/6/2019) sekitar pukul 05.00 WIB pagi.

"Namun naas, hanya 3 orang yang tampak saat kabut tebal menyelimuti gunung tersebut ketika mereka hendak kembali turun dan satu orang bernama Thoriq tidak nampak bersama mereka," ucapnya.*

 

Baca pula : Korban Jatuh Terseret Arus Ciwulan Tasikmalaya Ditemukan