Miliki Kartu Identitas Anak (KIA), Mudah dan Banyak Manfaatnya

Minggu, 07 Juli 2019 12:44 D. Farhan Kamil Daerah

Miliki Kartu Identitas Anak (KIA), Mudah dan Banyak Manfaatnya

 

Koropak.co.id - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tasikmalaya, H. Nazmudin, S.Sos., M.SI didampingi Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk, Dra, Hj. Wini, M.Si menyebutkan, target pencetakan Kartu Identitias Anak (KIA) untuk tahun 2019 sebanyak 40.000 keping dan terklasifikasi pada usia 0-5 tahun dan 5 tahun hingga 17 tahun kurang satu hari.

Adapun persyaratan pelayanan KIA ini kata Nazmudin, adalalah foto copy Kartu Keluarga (KK) dengan membawa yang aslinya, foto copy Kutipan Akte Kelahiran anak dengan memperlihatkan aslinya, KTP-el orang tua dan foto anak berwarna dua lembar ukuran 2x3 centi meter.

 

Koropak.co.id - Miliki Kartu Identitas Anak (KIA), Mudah dan Banyak Manfaatnya

 

Baca : Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya Akan Luncurkan KIA


Menurutnya, banyak manfaat KIA yang bisa diperoleh, misalnya ketika anak mengalami kecelakaan dimanapun maka akan mudah untuk ditelusuri asalnya, karena bisa dicek melalui identitas yang dimilikinya. Dan alamat yang tercantum pada KIA adalah alamat rumah sesuai Kartu Keluarga.

"Kita tidak mengharapkan hal buruk menimpa anak-anak kita semua," ucapnya, Sabtu (6/7/2019).

Pemilik KIA ini tambah dia, akan memperoleh kemudahan saat akan bepergian kemana-mana, karena Disdukcapil Kabupaten Tasikmalaya telah bekerjasama dengan beberapa mitra seperti destinasi wisata (baik yg dikelola pemerintah maupun swasta), rumah makan siap saji, toko buku dan lembaga bimbingan belajar (bimbel) baik yang berlokasi di Kabupaten maupun di Kota Tasikmalaya.

"Mitra yang sudah bekerjasama (merchant) akan memberikan diskon kepada pemilik KIA dengan varian yang berbeda," tuturnya.*


Baca : Kabupaten Layak Anak Untuk Kehidupan Lebih Berwarna

Lihat : Kampung Ramah Anak Wujudkan Kota Tasikmalaya Layak Anak