Selamat Jalan Sutopo, Inilah Riwayat Perjuangannya Melawan Kanker

Senin, 08 Juli 2019 14:18 Eris Kuswara Nasional

Selamat Jalan Sutopo, Inilah Riwayat Perjuangannya Melawan Kanker


Koropak.co.id - Kabar duka menyelimuti Tanah Air, pasalnya Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho dikabarkan meninggal dunia, Minggu (7/7/2019) dini di Guangzhou, China.

Dikabarkan Direktorat Pengurangan Risiko Bencana (PRB) BNPB melalui akun Twitter resminya, Sutopo meninggal dunia pada pukul 02.00 waktu setempat.

"Telah meninggal dunia Bapak @Sutopo_PN , Minggu, 07 July 2019, sekitar pukul 02.00 waktu Guangzhou/pukul 01.00 WIB. Mohon doanya untuk beliau," tulis Direktorat PRB.

Kabar meninggalnya Sutopo juga turut disampaikan oleh putranya melalui Instagram pribadinya, Muhammad Ivanka Rizaldy seraya memohon doa untuk sang ayah.

"Innalilahi wainna ilahiroji'un. Semua yang bernyawa hanyalah titipan dari Allah Yang Maha Kuasa. Malam ini telah berpulang ke Rahmatullah seorang pahlawan dan ayahanda tercinta saya, Sutopo Purwo Nugroho saat menjalani pengobatan di Guangzhou, Cina," tulis Ivanka.

 

Koropak.co.id - Selamat Jalan Sutopo, Inilah Riwayat Perjuangannya Melawan Kanker (2)

Baca : BNPB Kaji Inovasi Kebencanaan di Indonesia

Ivanka menambahkan, bagi semua sahabat dan keluarga mohon sebesar-besarnya untuk memaafkan semua kesalahan Pak Sutopo sengaja maupun tidak sengaja. Mari kita mendoakan Almarhum Pak Sutopo agar selalu diterima disisi Nya dan diterima amal ibadahnya.

"Terimakasih atas semua yang kau berikan Pah, aku akan selalu mendoakanmu," ucapnya.

Diketahui, Sutopo meninggal dunia dalam perjuangannya melawan kanker paru-paru stadium 4 yang dideritanya sejak awal Desember 2017 lalu. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo juga masih sempat bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia.

Jenazah Sutopo sendiri kabarnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Sonolayu, Boyolali, Senin (8/7/2019) hari ini. Prosesi pemakaman dilakukan dengan upacara kenegaraan yang dipimpin inspektur Kepala BNPB Letjen (TNI) Doni Monardo dan komandan upacara, Kurniawan Fajar Prasetyo, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Boyolali.*

 

Baca pula : Tingkatkan Siaga Bencana Melalui Simulasi

 


Berita Terkait