Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung

Senin, 08 Juli 2019 19:14 Eris Kuswara Nasional

Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung


Koropak.co.id - Belakangan aktivitas mendaki gunung menjadi tren yang banyak digemari oleh semua kalangan. Mudahnya akses informasi dunia digital, membuat aktivitas yang satu ini menjadi ikut populer dan pada akhirnya mempengaruhi minat orang untuk pergi ke gunung. Padahal mendaki gunung bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan oleh sembarangan orang layaknya seperti rekreasi ke taman bunga.

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (9/7/2019) meninggalnya Thoriq Rizki Maulidan di Gunung Piramid, memberikan sebuah pelajaran penting bagi kita semua agar tidak meremehkan alam. Selain Thoriq, inilah tragedi yang dialami 4 pendaki yang pernah menghebohkan dikarenakan hilang di gunung dalam pendakiannya.

 

Koropak.co.id - Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung (2)

1) Alvi Kurniawan
Pemuda asal Magelang ini hilang di Gunung Lawu dan sampai sekarang keberadaannya juga belum ditemukan. Sejak berita kehilangannya menyebar pada 1 Januari 2019 lalu, pihak Basarnas dan BPBD setempat terus melakukan pencarian intensif mengenai keberadaan Alvi. Akan tetapi hasil yang didapatkan sampai sekarang tetap nihil. Alvi pamit untuk mendaki gunung pada Minggu 30 Desember 2018 lalu dan dikabarkan hilang setelah dirinya balapan lari bersama temannya untuk menuju puncak. Namun naas, Alvi justru hilang setelah itu dan belum ditemukan hingga kini.

 

Baca : Pentingnya Ilmu Navigasi Darat Bagi Pendaki

 

Koropak.co.id - Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung (3)

2) Faiqus Syamsi
Faiqus Syamsi yang kala itu masih duduk di SMKN 5 Surabaya dikabarkan hilang pada 18 Desember 2018 lalu. Saat itu dia mendaki gunung Arjuno dan terjatuh di lembah Kijang dan jasadnya pun tidak sengaja ditemukan oleh pendaki asal SMA 15 Surabaya dan sudah menjadi tulang belulang. Sebelum hilang selama 6 bulan, Faiqus sempat menyampaikan sebuah pesan kepada ibunya dengan mengatakan akan membuat heboh. Hanya saja, dia tidak menjelaskan kata heboh yang dimaksudkan sampai dia ditemukan tinggal tulang belulang di Gunung Arjuno.

 

Baca : Resiko dan Bahaya Pendakian di Musim Hujan

 

Koropak.co.id - Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung (4)

3) Thoriq Rizqi Maulidan
Jasad dari Thoriq Rizqi Maulidan baru saja ditemukan di lereng terjal Gunung Piramid, Jum’at (5/07/2019) pukul 15.00 WIB sore. Hingga kini Thoriq masih menjadi trending topik di media massa, bahkan ucapan bela sungkawa juga terus mengalir dari berbagai kalangan. Dikabarkan Thoriq yang masih merupakan siswa SMP, tersesat ketika dia hendak turun sendirian mendahului teman-teman lainnya. Setelah dilakukan otopsi, ternyata penyebab dia meninggal dunia dikarenakan faktor kelelahan, pingsan dan meninggal dunia terjatuh tersangkut batang pohon di lereng sebelah kanan Gunung Piramid.

 

Baca : Kenali Hipotermia Sebelum Mendaki

 

Koropak.co.id - Inilah Tragedi Pendaki Muda yang Hilang di Gunung (5)

4) Indra Wijaya Arta Kesuma
Pada akhir Mei 2019 lalu, Indra Wijaya Arta Kesuma dilaporkan hilang di Gunung Muro, Kalimantan. Beruntungnya selama 6 hari tidak ditemukan, Indra mampu selamat dengan bertahan hidup memakan batang pohon pisang dan rerumputan. Sampai pada akhirnya dia secara tidak sengaja ditemukan selamat oleh para pemburu dalam kondisi lemah dan kurus. Selama menghilang, Indra juga bercerita bahwa dirinya juga sempat diganggu oleh sosok dan suara-suara dari makhluk halus.*

  

Baca : Cara Prediksi Cuaca Dari Tandatanda Alam


Berita Terkait